Detail Article
Diet Tinggi Protein Merugikan, Bahkan Pada Ginjal Yang Sehat. Benarkah?
dr. Kupiya Timbul Wahyudi
Des 16
Share this article
img-Meat1.jpg
Updated 25/Agt/2022 .

Diet tinggi protein, sering direkomendasikan sebagai cara untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat, tampaknya kondisi tersebut berbahaya bagi ginjal, bahkan pada individu dengan fungsi ginjal yang tampaknya normal. Hal ini berdasarkan dari dua studi baru dari Belanda dan Korea, yang telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Transplantasi Dialisis Nefrologi tahun 2019 ini.

Banyak penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa diet protein tinggi dapat merusak fungsi ginjal, dan inilah mengapa ahli nefrologi merekomendasikan pasien dengan penyakit ginjal kronis tahap awal (CKD) yang diketahui tetap berpegang pada diet rendah protein.

Rejimen diet seperti diet Atkins, Zone, South Beach, dan Ketogenik telah muncul di mana asupan protein harian meningkat menjadi 20% hingga 25% atau lebih dari total asupan energi harian. Konsumsi banyak protein akan membantu menjaga otot kita dan mengurangi massa lemak.


Tetapi mengingat dua studi baru ini, dan data lainnya, sekarang saatnya untuk meninggalkan hal tersebut, karena jelas bahwa diet protein tinggi tidak seaman yang diklaim, karena dapat membahayakan kesehatan ginjal dan menghasilkan lebih cepat penurunan fungsi ginjal pada individu atau populasi yang berisiko tinggi terhadap CKD.


Penelitian menunjukkan bahwa asupan protein harian yang tinggi mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan ginjal pada populasi umum. Diet yang direkomendasikan untuk asupan protein hanya 0,8 g / kg / hari dan kebutuhan protein cenderung lebih rendah, hanya sekitar 0,6 g / kg / hari, asalkan yang dikonsumsi adalah asam amino esensial dalamjumlah yang cukup.


Dan dari data yang ada, individu atau populasi menunjukkan bahwa hiperfiltrasi glomerulus yang terkait dengan diet tinggi protein dapat menyebabkan risiko CKD de novo yang lebih tinggi atau dapat mempercepat perkembangan CKD yang sudah ada sebelumnya.

 

 

Referensi:

1. Kamyar Kalantar-Zadeh, Holly M Kramer, Denis Fouque. High-protein diet is bad for kidney health: unleashing the taboo. Nephrology Dialysis Transplantation, gfz216, https://doi.org/10.1093/ndt/gfz216

2. Pam Harrison. High-Protein Diet Could Be Harmful, Even for Healthy Kidneys. https://www.medscape.com/ viewarticle/921877

 

Share this article
Related Articles