Detail Article
Mengenal Adenovirus, Diduga Kuat Berhubungan dengan "Hepatitis Unknown Etiology"
dr. Kupiya
Mei 12
Share this article
e8aa22306a04da39b70b74b68362575e.jpg
Updated 12/Mei/2022 .

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) baru-baru ini melaporkan hampir 300 anak dari 20 negara mengalami penyakit hepatitis akut yang misterius. Adenovirus tipe 41 merupakan strain yang diduga kuat berhubungan dengan kejadian "hepatitis of unknown etiology".


Menurut CDC (Center for Disease Control and Prevention) Adenovirus adalah virus ikosohedral berukuran sedang (90-100 nm), tidak berselubung dengan DNA untai ganda. Lebih dari 50 jenis adenovirus yang berbeda secara imunologis dapat menyebabkan infeksi pada manusia. Adenovirus relatif tahan terhadap disinfektan umum dan dapat dideteksi pada permukaan, seperti gagang pintu, benda, dan air kolam renang dan danau kecil.


Adenovirus paling sering menyebabkan penyakit pernapasan. Penyakitnya dapat berkisar dari flu biasa hingga pneumonia, croup, dan bronkitis. Tergantung pada jenisnya, adenovirus dapat menyebabkan penyakit lain seperti gastroenteritis, konjungtivitis, sistitis, dan, yang lebih jarang, penyakit saraf.


Orang dengan sistem kekebalan yang lemah berada pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit parah yang disebabkan oleh infeksi adenovirus. Beberapa orang yang terinfeksi adenovirus, terutama mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, dapat mengalami infeksi berkelanjutan di tonsil, kelenjar gondok, dan usus mereka yang tidak menimbulkan gejala. Virus pada organ tersebut dapat menetap selama berminggu-minggu atau lebih lama.


Bagaimana Diagnosis Adenovirus?

Infeksi adenovirus dapat diidentifikasi menggunakan deteksi antigen, polymerase chain reaction (PCR), isolasi virus, dan serologi. Penentuan tipe adenovirus biasanya dilakukan dengan metode molekuler.


Bagaimana Penyebarannya?

Adenovirus biasanya menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui: kontak pribadi yang dekat, seperti menyentuh atau berjabat tangan, melalui udara dengan batuk dan bersin, menyentuh suatu benda atau permukaan dengan adenovirus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan.


Beberapa adenovirus dapat menyebar melalui tinja orang yang terinfeksi, misalnya saat mengganti popok. Adenovirus juga dapat menyebar melalui air, seperti kolam renang, tetapi ini lebih jarang terjadi.


Terkadang virus dapat dikeluarkan dari tubuh dalam waktu yang lama setelah seseorang sembuh dari infeksi adenovirus, terutama pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. “Pengeluaran virus” ini biasanya terjadi tanpa gejala, dan orang tersebut masih dapat menyebarkan adenovirus ke orang lain.



Gambar: Ilustrasi (sumber:https://fk.ui.ac.id/infosehat/hindari-penularan-hepatitis-a-kenali-gejala-dan-cara-pencegahannya/) 

Referensi:

Center for Disease Control and Prevention, Adenoviruses. Internet 2019 [cited 2022 May 12]. Available from: https://www.cdc.gov/adenovirus/index.html

Share this article
Related Articles