Detail Article
Efektivitas Simethicone pada Bowel Preparation
Dr. Della Sulamita Mahendro
Jan 20
Share this article
9d4c9719179b898b8d0e514d7fd4d30e.jpg
Updated 20/Jan/2022 .

Inadekuat bowel preparation dapat meninggalkan residu feses pada rongga intestinal sehingga memperpanjang prosedur dan kebutuhan kolonoskopi ulang meningkat. Untuk meningkatkan efikasi, obat-obat anti-foaming digunakan untuk mempersiapkan kolonoskopi. Simethicone (SIM) merupakan antifoaming yang sering digunakan untuk menurunkan tekanan abdomen dengan menghilangkan gas dan meningkatkan hasil kolonoskopi. Selain itu SIM dapat menurunkan gejala rasa tidak nyaman pada gastrointestinal.

Studi metaanalisis menyatakan bahwa pemberian Simethicone (SIM) oral dapat meningkatkan bersihan usus dan visibilitas mukosa. Studi sistematik review dan meta-analisis oleh dr. Liu dan kolega ingin mengevaluasi efikasi pemberian simethicone dan polyethylene glycol (PEG) dalam meningkatkan kualitas persiapan usus dan level deteksi adenoma (ADR) dan polip (PDR). Dilakukan pencarian studi periode Januari 1988 hingga Januari 2020. Parameter primer yang dinilai adalah kualitas bowel preparation pada seluruh kolon, ADR dan PDR pada seluruh kolon dan kolon dekstra. Parameter sekunder yang dinilai adalah cecal intubation rate dan cecal intubation time, efek samping berupa kembung, muntah dan nyeri perut / kram perut. Didapatkan 18 studi yang sesuai dengan melibatkan 7187 subjek dengan rentang subjek masing-masing studi 90 hingga 2802. Sembilan studi dilakukan di Eropa, 5 di Asia dan 4 di Amerika Serikat.1


Dari studi tersebut menunjukkan hasil bahwa; Kualitas bersihan usus (bowel cleansing) : didapatkan 7 studi RCT, kelompok SIM secara signifikan lebih baik dibandingkan kelompok non-SIM (95% CI, 1,04-1,08, p<0,00001). Pada analisis tunggal, pemberian PEG + SIM 1,15 kali lebih baik dalam bowel preparation dibandingkan dengan PEG saja. ADR dan PDR pada seluruh kolon : didapatkan 9 studi ADR dan 11 studi PDR. Didapatkan perbaikan PDR kelompok SIM dibandingkan kontrol (p=0,006). ADR dan PDR pada kolon dekstra : didapatkan 5 studi yang melaporkan perbaikan level deteksi secara signifikan pada kelompok SIM (p<0,00001). Cecal intubation dan cecal intubation time : tidak didapatkan perbedaan bermakna antara kelompok SIM dan kontrol. Efek samping penggunaan simethicone tidak didapatkan perbedaan yang bermakna antara dua kelompok pada keluhan nyeri perut (p=0,25) dan mual (p=0,65). Kelompok SIM menurunkan keluhan perut kembung secara signifikan dibandingkan kontrol (p<0,00001).


Dari studi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa simethicone memperbaiki bersihan usus dan meningkatkan PDR (polyps detection rates). Simethicone meningkatkan tingkat deteksi lesi pada kolon dekstra dan menurunkan gas pada abdomen tanpa menimbulkan efek samping muntah dan nyeri perut / kram perut. 



Silakan baca: Vitazym Plus, membantu proses pencernaan, yang tersusun atas amylase, protease, lipase, dan simethicone

Gambar: Ilustrasi (sumber: www.freepik.com)

Referensi:

Liu X, Yuan M, Li Z, Fei S, Zhao G. The efficacy of simethicone with polyethylene glycol for bowel preparation. J Clin Gastroenterol. 2021;55(6):46–55.

Share this article
Related Articles
Klonidin Epidural Memperpanjang Efek Anestesi Lokal
dr. Laurencia Ardi | 29 Nov 2021