Detail Article
10 Buah Dengan Karbohidrat Rendah, Apa Saja Itu?
dr. Kupiya
Des 07
Share this article
63b059fad82df3c9b22bf750c9e5c7d6.jpg
Updated 08/Des/2021 .

Buah memiliki gula alami yang menambah jumlah karbohidrat harian Anda. Ini juga memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Berikut adalah buah-buahan yang mempunyai karbohidrat yang rendah.

1. Semangka

Buah-buahan yang tinggi air atau serat memiliki karbohidrat lebih sedikit daripada buah-buahan lainnya. Semangka, suguhan musim panas yang manis, mengandung 92% air dan buah dengan karbohidrat terendah sejauh ini, dengan 7,5 karbohidrat untuk setiap 100 gram. Ini juga memiliki banyak vitamin A dan C. Nikmati satu cangkir, atau 10 bola semangka jika Anda suka.


2. Blewah

Setiap 100 gram blewah yang Anda makan hanya akan menghabiskan sekitar 8 gram karbohidrat. Itu kurang dari satu cangkir, atau irisan besar. Cantaloupe juga bebas kolesterol, rendah sodium, tinggi vitamin A dan C, dan sumber folat yang baik. Masukkan ke dalam blender dengan yogurt untuk camilan smoothie.


3. Plum

Sebagai tambahan yang sehat untuk salad, yogurt, dan smoothie, plum memiliki peringkat rendah pada skala jumlah karbohidrat. Kecil tapi kuat, satu buah plum berukuran sedang hanya memiliki 7,6 gram karbohidrat, tetapi 100 miligram potasium untuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke. Hindari plum kering, juga disebut plum: 100 gram yang sama memiliki 64 gram karbohidrat.


4. Stroberi

Delapan stroberi sedang, atau satu cangkir irisan, hanya mengandung sedikit lebih dari 7 gram karbohidrat - dan vitamin C hampir sebanyak jeruk. Mereka juga sarat dengan fitonutrien yang anti-kanker, anti-inflamasi, dan melindungi jantung Anda. Di musim selama musim semi dan musim panas, stroberi sangat enak sendiri. Kedengarannya menggoda, jangan celupkan ke dalam cokelat. Ini akan meningkatkan jumlah karbohidrat Anda terlalu banyak.


5.. Honeydew / Melon

Rata-rata orang makan 3 pon buah rendah karbohidrat ini setiap tahun. Yang paling manis dari semua melon, melon memiliki sekitar 9 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram buah -- itu satu cangkir atau setengah irisan kecil. Bahkan lebih baik: Ini dikemas dengan potasium, tembaga, dan banyak vitamin C.


6. Raspberry

Raspberry kaya akan serat – 8 gram per cangkir – yang membantu menjaga jumlah karbohidratnya tetap rendah. Satu cangkir raspberry sama dengan satu porsi karbohidrat. Cobalah setengah cangkir raspberry dan 8 stroberi untuk satu porsi penuh dengan sedikit variasi dan banyak vitamin C. Mereka menjadi buruk dalam satu atau dua hari pembelian, jadi belilah dalam jumlah kecil dan makanlah segera.


7. Blackberry

Segar atau beku, 20 blackberry kecil, atau satu cangkir, memiliki kurang dari 10 karbohidrat. Warna biru tua mereka membuat mereka tertinggi dalam antioksidan yang melawan penyakit. Karena mereka memiliki banyak serat dan lebih sedikit fruktosa, blackberry - dan berry lainnya pada umumnya - cenderung tidak menyebabkan masalah gas dan pencernaan.


8. Persik

Salah satu dari banyak manfaat buah rendah karbohidrat adalah Anda bisa makan lebih banyak. Setiap 100 gram buah persik mengandung 0,5 gram serat dan 8 gram karbohidrat bersih yang nikmat -- jumlah yang mungkin tidak Anda harapkan dari sesuatu yang begitu manis dan berair. Satu buah persik berukuran sedang memiliki 50 kalori, 1 gram protein, tanpa lemak, dan 15% vitamin C harian Anda. Padukan dengan keju cottage untuk camilan tinggi protein dan rendah karbohidrat.


9. Alpukat

Alpukat, sebenarnya berry berbiji tunggal, dianggap sebagai buah berdaging. Ini hanya memiliki 8,5 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram - itu sedikit kurang dari 1 cangkir kubus atau irisan. Alpukat kaya akan serat, lemak tak jenuh tunggal (atau "baik"), dan memiliki lebih banyak potasium daripada pisang.


10. Nanas

Setengah cangkir nanas, atau 100 gram, memiliki 11 gram karbohidrat. Buah tropis ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan mangan, mineral penting yang mempengaruhi sistem saraf, hormon, gula darah, dan cara tubuh Anda menyerap kalsium. Nanas juga merupakan sumber alami bromelain, campuran enzim yang mencerna protein.




Gambar: Ilustrasi (sumber: https://www.healthyeating.org/nutrition-topics/general/food-groups/fruits)

Referensi: Low-Carbs Fruit. webmd.com. https://wb.md/3FIvAuf


Share this article
Related Articles
Manfaat Vitamin D3 pada Pasien DM Tipe 2 Tidak Terkontrol
dr. Esther Kristiningrum | 05 Jan 2022
Kecukupan Kadar Vitamin D Wanita Hamil, Ini Pengaruhnya terhadap Komplikasi Kehamilan
dr. Josephine Herwita | 21 Jan 2022
Wanita Kekurangan Vitamin B1, B6 dan B12 Berisiko Depresi
dr. Kupiya | 16 Des 2021
Suplementasi Zinc Menurunkan Penanda Inflamasi dan Stres Oksidatif
Dr. Della Sulamita Mahendro | 25 Nov 2021
Suplemen Multivitamin Membantu Memperlambat Penurunan Kognitif
dr. Esther Kristiningrum | 23 Nov 2021
Suplementasi Vitamin D dan Omega-3 Menurunkan Risiko Penyakit Autoimun
dr. Esther Kristiningrum | 17 Nov 2021
Mecobalamin Berpotensi Menghambat Replikasi Virus COVID-19 Yang Kuat
dr. Lupita Wijaya | 15 Nov 2021
Pemberian Vitamin C pada Hiperpigmentasi Gusi, Sebaiknya dengan Mesoterapi atau Gel Topikal?
dr. Devina Ciayadi | 11 Nov 2021
Manfaat Zinc pada Kondisi Pre-Diabetes, Memperbaiki Parameter Glikemik dan Lemak
dr. Esther Kristiningrum | 10 Nov 2021
Omega 3 Memperbaiki Status Gizi dan Inflamasi Pasien Kanker Paru
dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi | 08 Nov 2021