Detail Article
Efek Ketoanalog terhadap Modulasi Mikrobiota Usus dan Kadar Racun Uremik Serum pada Penyakit Ginjal Kronis
dr. Laurencia Ardi
Nov 18
Share this article
a40aeee688c489b18fb56712a0764d48.jpg
Updated 18/Nov/2021 .

Terapi nutrisi adalah komponen kunci dari perawatan selama penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD). Selama bertahun-tahun, terapi nutrisi dengan asupan protein 0,6 g/kgBB/hari diganti dengan kandungan protein yang lebih rendah (0,3 g/kgBB/hari) dengan penambahan campuran asam amino esensial (EAA) dan ketoanalog (KA) asam amino non-esensial yang dihasilkan, pada dasarnya, dalam diet vegetarian (diet sangat rendah protein atau VLPD), diresepkan pada penyakit ginjal kronis lanjut untuk mengurangi status uremik.

Ketoanalog menggunakan nitrogen urea endogen untuk menghasilkan asam amino yang sesuai, sedangkan EAA memenuhi kebutuhan nitrogen tubuh, mengurangi risiko gangguan nutrisi. VLPD yang dilengkapi, adalah rejimen diet protein terbatas yang sangat mempengaruhi sintesis protein, oleh karena itu sering direkomendasikan untuk pasien yang menderita penyakit ginjal kronis sedang hingga lanjut. Ketoanalog mampu menginduksi pengurangan besar urea ke tingkat yang sebanding dengan individu yang sehat, berkontribusi untuk mengembalikan keseimbangan mikrobioma usus. Pada gilirannya, urea dan lingkungan uremik bertanggung jawab atas perubahan mikrobiota usus dan peningkatan produksi racun uremik dalam lingkaran setan di mana kerusakan ginjal dan disbiosis usus meningkat. Telah menjadi jelas bahwa metabolit mikrobiota memainkan peran penting dalam kejadian penyakit kardiovaskular pada CKD.


Secara khusus, toksin uremik yang terikat protein seperti indoxyl sulfate (IS) dan p-cresyl sulfate (PCS), karena afinitas pengikatannya yang tinggi terhadap albumin, tidak dapat dihilangkan secara efisien dengan hemodialisis konvensional, menyebabkan akumulasi progresif pada CKD dengan progresivitas penyakit. Telah dibuktikan secara luas bahwa akumulasi IS dan PCS pada pasien CKD mengakibatkan kerusakan organ. Oleh karena itu, strategi yang ditujukan untuk menurunkan produksi indoxyl sulfate (IS) dan p-cresyl sulfate (PCS) di usus sangat dibutuhkan. VLPD tersuplemen adalah terapi dietetik-gizi yang sering diadopsi dalam pengobatan konservatif pasien CKD, sering diintegrasikan dengan perawatan farmakologis untuk mempertahankan status nutrisi yang optimal dan untuk mencegah komplikasi yang berhubungan dengan insufisiensi ginjal.


Tujuan akhir dari terapi nutrisi adalah untuk menunda dimulainya dialisis pada pasien penyakit ginjal stadium akhir (ESRD), meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi biaya perawatan kesehatan. Diet Mediterania (MD) dan diet rendah protein berguna pada tahap awal dan sedang CKD dan, serta VLPD tambahan, yang dapat mengurangi progresivitas CKD dan risiko kardiovaskular. Baru-baru ini, kami menunjukkan bahwa terapi nutrisi, yaitu MD dan, pada tingkat yang lebih besar, suplemen VLPD, efektif dalam memanipulasi mikrobiota usus dan dalam mengurangi azotemia dan kadar serum toksin uremik yang terikat protein pada pasien CKD.


Berikut ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi efek spesifik dari diet suplemen ketoanalogues (KA) untuk modulasi mikrobiota usus. Dalam penelitian sebelumnya kami mengamati bahwa diet Mediterania (MD) dan diet sangat rendah protein (VLPD) yang dilengkapi ketoanalog memodulasi mikrobiota usus yang bermanfaat, mengurangi kadar serum indoxyl dan p-cresyl-sulfate (IS, PCS), dan memperbaiki permeabilitas usus pada pasien CKD. Dalam penelitian ini, kami menambahkan rejimen diet ketiga yang terdiri dari MD yang dilengkapi ketoanalog. Empat puluh tiga pasien dengan CKD grade 3B-4 melanjutkan uji klinis crossover ditugaskan untuk enam bulan MD (MD + KA) yang dilengkapi ketoanalog.


Dibandingkan dengan Diet Mediterania (MD), suplementasi ketoanalog (KA) pada MD + KA menghasilkan (i) penurunan Clostridiaceae, Methanobacteriaceae, Prevotellaceae, dan Lactobacillaceae, sedangkan Bacteroidaceae dan Lachnospiraceae meningkat; (ii) pengurangan total dan IS dan PCS bebas dibandingkan dengan diet bebas (FD) lebih dari MD, tetapi tidak seefektif VLPD. Hasil ini semakin memperjelas peran pendorong kadar urea dalam mengatur status integritas usus dan menunjukkan bahwa pengurangan azotemia yang dihasilkan oleh VLPD dengan KA lebih efektif daripada MD dengan KA dalam modulasi mikrobiota usus terutama karena efek pengurangan drastis asupan protein daripada efek KA.



Gambar: Ilustrasi (sumber: https://nutrition.org/is-it-time-to-rethink-the-traditional-renal-diet/)

Reference:

Rocchetti MT, Di Iorio BR, Vacca M, Cosola C, Marzocco S, Bari I, et al. Ketoanalogs’ effects on intestinal microbiota modulation and uremic toxins serum levels in chronic kidney disease (Medika2 Study). J. Clin. Med. 2021;10:840


Share this article
Related Articles