Detail Article
NPWT pada Luka Bakar Anak, Apa Manfaatnya?
dr. Nugroho Nitiyoso, MBA
Agt 31
Share this article
dc1bb24f9b43ea39a5be44bfb7e6fd19.jpg
Updated 02/Sep/2021 .

Negative Pressure Wound Therapy (NPWT) adalah salah satu modalitas terapi yang diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka bakar. NPWT bekerja melalui mekanisme: memperbaiki perfusi, mengurangi edema, memelihara kelembapan luka, menstimulasi angiogenesis, dan granulasi.

 


Dr. Frear dan tim dari Australia melakukan sebuah uji klinik untuk mengevaluasi efektivitas NPWT untuk membantu penyembuhan luka bakar pada anak. Sebanyak 101 anak dengan luka bakar partial-thickness, diacak untuk mendapatkan perawatan luka standar (silver dressing) atau perawatan luka standar (silver dressing) + NPWT. Parameter yang dievaluasi adalah durasi waktu hingga mencapai re-epitelisasi.

 

Hasilnya, penggunaan NPWT bersama perawatan luka standar bermanfaat mempersingkat durasi waktu hingga mencapai re-epitelisasi sebesar 22% (95% CI 7–34%; P = 0,005). Median durasi waktu hingga re-epitelisasi pada kelompok NPWT + perawatan luka standar adalah 7 hari dan median durasi waktu hingga re-epitelisasi pada kelompok perawatan luka standar adalah 10 hari.

 

Kesimpulan:

Penggunaan Negative Pressure Wound Therapy (NPWT) bersama perawatan luka standar (silver dressing) bermanfaat untuk mempersingkat durasi waktu hingga mencapai re-epitelisasi sebesar 22% (95% CI 7–34%; P = 0,005), pada anak dengan luka bakar.

 


Gambar: Ilustrasi (Photo by cottonbro from Pexels)

Referensi:

Frear CC, Griffin BR, Cuttle L, Kimble RM, McPhail SM. Cost-effectiveness of adjunctive negative pressure wound therapy in paediatric burn care: Evidence from the SONATA in C randomised controlled trial. Scientific Reports 2021;11:16650.


Share this article
Related Articles