Detail Article
Bagaimana Memerangi Resistensi Bakteri Terhadap Antibiotik?
Johan Indra Lukito
Feb 28
Share this article
img-Spuit1.jpg
Updated 19/Jul/2022 .

Sejak antibiotik tersedia secara luas sekitar 50 tahun yang lalu, antibiotik dianggap sebagai obat ajaib yang mampu menghancurkan bakteri penyebab penyakit. Namun, setiap dekade, bakteri menjadi resisten tidak hanya terhadap satu macam antibiotik saja, namun beberapa antibiotik, hal ini membuat beberapa penyakit infeksi yang sangat sulit diobati, telah menjadi semakin meluas.

Beberapa bakteri telah mengembangkan resistensi terhadap antibiotik secara alami, jauh sebelum berkembangnya antibiotik komersial. Bakteri bisa menjadi resisten terhadap antibiotik melalui beberapa cara. Mereka mungkin mengalami resistensi terhadap antibiotik tertentu secara spontan melalui mutasi. Selain itu, bakteri juga bisa mendapatkan gen resistensi antibiotik melalui pertukaran gen dengan bakteri lain. Bakteri bereproduksi dengan cepat, memungkinkan sifat resisten menyebar dengan cepat ke generasi bakteri di masa depan.


Keberhasilan memerangi resistensi bakteri terhadap antibiotik bergantung pada kerja sama banyak pihak, seperti lembaga kesehatan pemerintah, universitas, perusahaan farmasi, profesional kesehatan, produsen pertanian, dan publik. Semua kelompok ini harus bekerja sama jika masalah resistensi antibiotik mau berhasil diatasi. Ada dua hal yang perlu dilakukan: memfasilitasi pengembangan antibiotik baru sekaligus menjaga efikasi antibiotik yang sudah ada dan yang baru.


Penyebab dokter meresepkan antibiotik secara berlebihan meliputi: ketidakpastian diagnostik, tekanan waktu pada dokter, dan permintaan pasien. Mungkin lebih mudah dokter menekankan waktu untuk menulis resep antibiotik daripada menjelaskan mengapa lebih baik tidak menggunakannya. Meminum antibiotik sesuai petunjuk resep juga penting. Orang tidak boleh melewatkan dosis atau berhenti minum antibiotik begitu mereka merasa lebih baik. Mereka harus menyelesaikan pengobatan secara penuh. Jika tidak, obat tersebut mungkin tidak membunuh semua bakteri penyebab infeksi, sehingga bakteri yang tersisa dapat menjadi resisten.


Hal lain yang turut berkontribusi dalam timbulnya infeksi yang resistan terhadap antibiotik adalah meningkatnya penggunaan sabun, deterjen, lotion, dan barang-barang rumah tangga antibakteri lainnya. Tidak pernah ada bukti yang menyatakan bahwa mereka memiliki manfaat terhadap kesehatan masyarakat. Sabun biasa dan air yang bersih sudah cukup. Produk-produk antibakteri sebaiknya hanya disediakan untuk pengaturan rumah sakit, untuk orang sakit yang pulang dari rumah sakit, dan untuk orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

 

Image: Ilustrasi

Referensi: FDA. Battle of the Bugs: Fighting Antibiotic Resistance. Last updated:. 2016 [cited 2017 November 25]. Available from: https://www.fda.gov/Drugs/ResourcesForYou/Consumers/ucm143568.htm

Share this article
Related Articles