Detail Article
Salmonella-IL2 plus FOLFIRINOX pada Pasien Kanker Pankreas Metastatik
dr. Hastarita Lawrenti
Mei 15
Share this article
016499f5d26057b5c4b465800d986bc9.jpg
Updated 17/Mei/2023 .

Terapi berbasis mikroba merupakan terapi yang berpotensi menjanjikan untuk kanker karena memiliki aktivitas stimulasi imun intrinsik dan target pada kanker. Namun, masih ada keterbatasan studi pada manusia. Studi pra-klinik menunjukkan bahwa terapi bakteri hidup mungkin lebih efektif dalam eliminasi metastasis awal atau mencegah terjadinya metastasis. 


Karena Salmonella typhimurium secara alamiah menginfeksi dan berkolonisasi pada tumor solid dan menstimulasi respons imun seluler setelah menginfeksi sel secara intraseluler, bakteri ini merupakan terapi anti-kanker yang menarik. Untuk meminimalkan komplikasi yang diperantarai bakteri, strain χ4550 S. typhimurium dihasilkan dengan delesi gen cAMP dan reseptor cAMP. Strain ini avirulen, tetapi masih imunogenik. Selain itu, strain ini dimodifikasi dengan delesi gen semialdehyde dehydrogenase (asd) kromosomal yang diperlukan untuk sintesis dinding sel, sehingga memastikan ambilan dan pemeliharaan plasmid pYA292 yang mengandung gen asd tanpa pemilihan antibiotik.

 

Untuk lebih menstimulasi respons imun seluler anti-tumor, strain χ4550 ditransformasi dengan plasmid pYA292 yang mengandung gen interleukin-2 (IL-2) manusia yang aktif secara biologi, sehingga menghasilkan strain χ4550 (pIL-2) dengan nama Salmonella-IL2. Adanya gen asd dalam plasmid memastikan transfeksi stabil dan mencegah perubahan menjadi strain wild-type karena jika bakteri kehilangan plasmid, bakteri tidak dapat membangun dinding sel dan segera mati.

 

Pemeriksaan in vivo Salmonella-IL2 pada tikus menunjukkan bahwa bakteri menetap di hati dan limpa sampai dengan 6 minggu setelah pemberian oral 2,5x108 CFU/mL dalam 0,25 mL (dosis 6,25x107 CFU). Walaupun bakteri menetap, tikus tidak menunjukkan keadaan sakit. Selain itu, S. typhimurium akumulasi dalam tumor solid dengan rasio 1000:1 sampai 10.000:1 dibandingkan hati dan limpa normal, menunjukkan bahwa S. typhimurium merupakan metode efisien untuk menghantarkan protein yang memodulasi imun secara langsung pada lingkungan mikro tumor. Studi fase I pada manusia menunjukkan bahwa dosis tunggal tidak toksik dan meningkatkan sel T NK pasien kanker saluran cerna stadium lanjut.

 

Dalam pertemuan tahunan AACR 2023, dipresentasikan hasil studi fase II dari Salmonella-IL2 kombinasi dengan terapi standar pada pasien kanker pankreas stadium IV. Pasien dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Kelompok pertama: Salmonella-IL2 plus FOLFIRINOX setiap 2 minggu.
  • Kelompok kedua: Salmonella-IL2 plus gemcitabine dan nab-paclitaxel setiap 2-3 minggu.

Hasil efikasi tidak ditampilkan pada kelompok yang kedua.

 

Peneliti membandingkan hasil pada pasien dengan Salmonella-IL2 plus FOLFIRINOX (n= 20) dan FOLFIRINOX saja (n= 37) pada kelompok kontrol site-specific (4 tahun sebelum studi dimulai) serta kontrol individu (dari literatur) yang mendapat FOLFIRINOX saja. Hasilnya, median overall survival (OS) adalah 24 bulan pada pasien yang diberikan Salmonella-IL2 plus FOLFIRINOX dan 13,1 bulan pada pasien FOLFIRINOX kelompok kontrol site-specific, dan 11,1 bulan pada pasien FOLFIRINOX kelompok kontrol individu (p < 0,05). Hasil pencitraan CT menunjukkan respons parsial 73% dibandingkan 31% pada kelompok kontrol individu.

 

Kesimpulan:

Dari studi ini, penambahan Salmonella-IL2 pada FOLFIRINOX untuk pasien kanker pankreas metastatik menghasilkan perbaikan median survival hampir 2 kalinya dibandingkan FOLFIRINOX saja (kelompok kontrol site-specific dan individu). Berdasarkan hasil ini, peneliti merencanakan untuk melaksanakan studi fase III.

 


Gambar: Ilustrasi (Sumber: atlascompany - Freepik)

Referensi:

1.Moore V. Salmonella-IL2 may improve upon FOLFIRINOX in stage IV pancreatic cancer. Cancer Therapy Advisor [Internet]. 2023 Apr 24 [cited 2023 Apr 27]. Available from: https://www.cancertherapyadvisor.com/home/news/conference-coverage/american-association-for-cancer-research-aacr/aacr-2023/salmonella-il2-folfirinox-pancreatic-cancer-stage-iv/

2.Gniadek TJ, Augustin L, Schottel J, Leonard A, Saltzman D, Greeno E, et al. A phase I, dose escalation, single dose trial of oral attenuated Salmonella typhimurium containing human IL-2 in patients with metastatic gastrointestinal cancers. J Immunother. 2020;43(7):217-21.


Share this article
Related Articles