Detail Article
Janus Kinase Inhibitor Efektif untuk Memperbaiki Gejala Psoriasis dan Psoriatic Arthritis, Ini Meta-analisisnya
dr. Nugroho Nitiyoso, MBA
Mar 28
Share this article
0d6e410d28df1cf7ac7d54b90a92da1f.jpg
Updated 29/Mar/2023 .

Psoriasis dan psoriatic arthritis adalah penyakit inflamasi autoimun kronik. Pada psoriasis, muncul gejala berupa ruam merah bersisik pada kulit. Apabila pada pasien psoriasis, juga muncul gejala nyeri sendi, maka disebut sebagai psoriatic arthritis. 


Psoriasis dan psoriatic arthritis disebabkan oleh proses autoimun, maka pengobatannya menggunakan obat–obat untuk meredakan inflamasi, misalnya: methotrexate, adalimumab, atau tofacitinib.

 

Dr. Yang dan tim dari Cina melakukan studi meta-analisis yang dipublikasi di jurnal Clinical Rheumatologi tahun 2023. Pada meta-analisis ini dievaluasi bagaimana efektivitas beberapa obat golongan janus kinase inhibitor, yaitu filgotinib, upadacitinib, tofacitinib dan deucravacitinib, pada pengobatan psoriasis dan psoriatic arthritis. Total terdapat 17 uji klinik, dengan total 6.802 pasien yang diikutsertakan dalam meta-analisis ini.

 

Hasilnya, semua obat Janus Kinase inhibitor efektif untuk memperbaiki gejala psoriasis dan psoriatic arthritis. Di antara beberapa obat Janus Kinase inhibitor, didapatkan kesimpulan bahwa urutan yang paling efektif adalah filgotinib, upadacitinib, tofacitinib, kemudian deucravacitinib. Selain itu, didapatkan juga hasil, bahwa penggunaan obat Janus Kinase inhibitor berkaitan dengan peningkatan kejadian efek samping, terutama efek samping infeksi saluran napas atas dan herpes zoster.

 

Kesimpulan:

Obat-obatan Janus Kinase inhibitor (filgotinib, upadacitinib, tofacitinib, dan deucravacitinib) efektif untuk memperbaiki gejala psoriasis dan psoriatic arthritis. Namun, didapatkan peningkatan kejadian efek samping infeksi saluran napas atas dan herpes zoster.



Gambar: Ilustrasi (Sumber: envato element)

Referensi:

Yang F, Lu C, Wang Y, Liu H, Leng X, Zeng X. Efficacy and safety of janus kinase inhibitors in patients with psoriasis and psoriatic arthritis: A systematic review and meta-analysis. Clin Rheumatol [Internet]. 2023. Available from: https://link.springer.com/article/10.1007/s10067-023-06529-4


Share this article
Related Articles