Register   |  Login
You are here >   News
November 20, 2012 06:15

Asam amino aromatik dan asam amino rantai cabang terkait dengan risiko terjadinya DM tipe 2 untuk masa mendatang, namun mekanisme yang mendasarinya tetap sulit dipahami. Hal ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh Dr. Würtz dan kolega yang dipubliaksikan dalam jurnal Diabetes Care bulan November 2012. Dalam studi ini peneliti menguji  apakah kadar asam amino dapat digunakan untuk memprediksi indeks resistensi insulin pada orang dewasa muda  sehat. Kadar isoleusin, leusin, valin, fenilalanin, tirosin, dan enam asam amino tambahan dalam serum diukur terhadap 1.680 individu dari Cardiovascular Risk in Young Finns Study (usia 32 ± 5 tahun, perempuan 54%).

Resistensi insulin diperkirakan dengan penilaian  model  homeostasis (HOMA) pada awal dan 6-tahun follow up dari penelitian. Hubungan kadar asam amino dengan resistensi insulin HOMA (HOMA-IR) dan glukosa dinilai dengan menggunakan model regresi disesuaikan dengan faktor risiko yang baku.  Peneliti memeriksa lebih lanjut apakah profil asam amino dapat meningkatkan penilaian risiko resistensi insulin (didefinisikan sebagai 6-tahun HOMA-IR persentil> 90) di masa dewasa awal.

Isoleusin, leusin, valin, fenilalanin, dan tirosin berhubungan dengan HOMA-IR pada awal dan bagi laki-laki setelah 6 tahun follow-up, sedangkan untuk perempuan hanya leusin, valin, dan fenilalanin diprediksi berhubungan dengan 6-tahun HOMA-IR (P <0,05 ). Tak satu pun dari asam amino lainnya prospektif terkait dengan HOMA-IR. Jumlah bercabang-rantai dan kadar asam amino aromatik berhubungan dengan resistensi insulin 6-tahun setelah follow-up untuk pria (rasio odds 2,09 [95% CI 1,38-3,17], P = 0,0005).

Asam amino rantai cabang dan asam amino aromatik dapat dipakai sebagai penanda dari perkembangan resistensi insulin pada anak muda, dewasa normoglisemik, dengan korelasi yang paling kuat  terjadi pada  pria. Temuan ini menunjukkan bahwa adanya korelasi antara kadar asam amino rantai bercabang dan aromatik dengan resiko terjadinya diabetes masa depan setidaknya sebagian yang dimediasi melalui resistensi insulin.


Image: Ilustrasi
Referensi: Würtz P, Soininen P, Kangas AJ, Rönnemaa T, Lehtimäki T, Kähönen M, Viikari JS, Raitakari OT, Ala-Korpela M; Branched-Chain and Aromatic Amino Acids Are Predictors of Insulin Resistance in Young Adults; Diabetes Care (Nov 2012)

Posted in: Doctor News

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above: