Register   |  Login
You are here >   News
October 31, 2012 06:15

Setelah tahun 2005, Hotel Discovery Kartika Plaza Kuta, Bali kembali menjadi saksi salah satu acara ilmiah akbar di tanah air. PERNEFRI (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) atau InaSN (Indonesia Society of Nephrology) menggelar PIT (Pertemuan Ilmiah Tahunan) alias Annual Meeting PERNEFRI 2012.

Acara dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut, 11-14 Oktober 2012. Annual meeting ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu workshop, nephrology forum, simposium ilmiah, dan rapat organisasi. Pada hari pertama, diselenggarakan 3 kelas workshop: workshop CAPD, workshop double lumen untuk hemodialisis (HD), dan workshop emergency in nephrology.

Kuota peserta workshop terisi penuh, yakni 30 peserta untuk workshop CAPD dan HD (yang diadakan di RSUP Sanglah, Denpasar) serta 75 peserta untuk workshop emergency in nephrology (yang digelar di ruang Kharisma, Hotel Discovery Kartika Plaza, Kuta). Dalam sesi workshop CAPD dan HD, dilakukan demo pemasangan tenck off atau double lumen secara langsung pada pasien dengan disaksikan secara live dari luar ruang operasi. Setelah itu, para peserta belajar melakukan sendiri dengan media cadaver. Setelah pelaksanaan workshop hari pertama, annual meeting PERNEFRI 2012 ini dilanjutkan dengan acara nephrology forum yang menyajikan 3 topik menarik dengan 9 pembicara.

Sesi simposium dan pameran diadakan di Hotel Discovery Kartika Plaza Kuta, Bali, diikuti oleh lebih dari 10 perusahaan farmasi. Jumlah peserta simposium ini tercatat tidak kurang dari 700 orang. Topik simposium berkutat seputar penyakit ginjal kronik dan hipertensi. Untuk rencana ke depan, PIT PERNEFRI 2013 akan diadakan di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sampai jumpa tahun depan di Makassar!

 

(Meilany – HC ICAN)

Posted in: Seminar News

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above: