Oleh admin kalbemed pada October 04, 2018 06:00

Efek Suplementasi Whole Grain Rye Based Terhadap Peningkatan BNDF

Prevalensi diabetes tipe 2 dari tahun ke tahun semakin meningkat di dunia. Diabetes tipe 2  juga diketahui sebagai faktor risiko terjadinya gangguan kognitif dan demensia, seperti penyakit Alzheimer. Pencegahan diabetes tipe 2 sangat penting, dan dalam hal ini asupan serat menjadi salah satu yang direkomendasikan sebagai makanan sehat yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu, peningkatan asupan makanan yang kaya akan serat dikaitkan dengan efek manfaat terhadap fungsi kognitif (fungsi memori). Namun, penelitian efek serat terhadap fungsi kognitif belum diketahui secara luas.

Brain-derived neurotrophic factor (BDNF) merupakan neurotropin yang penting untuk integritas neuronal dan terutama ditemukan di otak yang berfungsi untuk mengontrol kognitif (seperti memori dan homeostasis energi). BDNF juga secara luas didistribusikan ke saluran cerna. Dalam hal homeostasis energi, BDNF mempunyai pengaruh terhadap penekanan nafsu makan dan metabolisme glukosa, lebih khususnya mempunyai efek anti-obesitas dan anti-diabetik. Pada pasien Alzheimer dan depresi ditemukan adanya penurunan kadar BDNF dan dapat ditingkatkan dengan olahraga.

Semakin meningkatnya prevalensi kelainan metabolik maka semakin banyaknya penilaian terhadap kualitas karbohidrat yang berkaitan dengan parameter kardiometabolik, tetapi belum diketahui hubungan antara kelainan metabolik dengan penurunan kognitif baik dari segi kualitas karbohidrat, dan juga kaitannya dengan fungsi kognitif. Meskipun dampak BDNF sebagai marker integritas neuronal dan fungsi otak, penelitian yang menilai efek diet seperti whole grain terhadap konsentrasi BDNF tidak diketahui.

Penelitian sebelumnya pernah melaporkan bahwa asupan whole grain rye based dapat memperbaiki toleransi glukosa dan menekan nafsu makan. Efek manfaatnya diperoleh 10,5-13,5 jam setelah asupan dan diduga efek ini berasal dari fermentasi serat yang berasal dari whole grain rye based di kolon. Studi yang lebih, seperti ayng telah dipublikasikan dalam jurnal Nutrient tahun 2018 menunjukkan  bahwa suplementasi makanan yang mengandung whole grain rye based mampu meningkatkan kadar BDNF secara bermakna dalam darah baik yang dikonsumsi satu kali maupun tiga kali sehari. [LAI]


Image: Ilustrasi
Referensi:
1. Sandberg JC, Björck I, Nilsson AC. Increased Plasma Brain-Derived Neurotrophic Factor 10.5 h after Intake of Whole Grain Rye-Based Products in Healthy Subjects. Nutrients 2018;10:1097. doi:10.3390/nu10081097.
2. Rosas-Vargas H, Martínez-Ezquerro JD, Bienvenu T. Brain-derived neurotrophic factor, food intake regulation, and obesity. Arch. Med. Res. 2011;42:482–94.

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.