Oleh admin kalbemed pada October 03, 2018 06:00

Statin Menurunkan Risiko Kematian Prematur pada Sirosis Alkoholik

Sirosis merupakan tahapan akhir dari penyakit hati kronis dengan beragam penyebab, dengan hepatitis virus kronis menjadi penyebab tersering dari sirosis dan konsumsi alkohol berlebih sebagai penyebab tersering kedua.

Bukti-bukti ilmiah terkini menunjukkan bahwa 3-hidroxy-3-methyl-glutaryl-CoA reductase inhibitor (atau dikenal dengan statin) memiliki efek memperbaiki proses peradangan pada sirosis. Beberapa studi laboratoris menunjukkan bahwa statin menghambat pembelahan sel-sel stelata hati dan memperbaiki disfungsi endotel sinusoid pada hewan percobaan tikus.

Terapi statin dapat menurunkan risiko kematian prematur pada pasien dengan sirosis hati karena alkohol, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics. Studi analisi kasus-kohort retrospektif yang menggunakan data registry Denmark membandingkan luaran pada pengguna dan non-pengguna statin. Rasio skor prospensity matching untuk statin:non-statin 1:2 digunakan pada studi ini. Penggunaan statin diukur sejak waktu diagnosis sirosis (berdasarkan kriteria ICD-10: K703) hingga kematian atau akhir follow-up berdasarkan klaim peresepan. Sebanyak 5.417 pasien memenuhi kriteria untuk matching, dengan jumlah total akhir 744 pada kohort matched.

Hasil studi menunjukkan bahwa tingkat kematian sebesar 88 (95% CI: 73-105) per 1.000 untuk pasien pengguna statin dan 127 (95% CI: 114-141) untuk pasien non-statin, dengan hazard ratio  sebesar 0,57 (95% CI: 0,41-0,71). Sebagai tambahan, pola klaim statin rutin berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Temuan studi ini menyatakan adanya kaitan antara penggunaan rutin statin dan penurunan angka kematian pada pasien dengan sirosis alkoholik.[JCB]



Image: Ilustrasi
Referensi:
1. Bang UC, Benfield T, Bendtsen F. Reduced risk of decompensation and death associated with use of statins in patients with alcoholic cirrhosis. A nationwide case-cohort study. Aliment Pharmacol Ther. 2017 Oct;46(7):673-680.
2. Scaglione S, Kliethermes S, Cao G,  Shoham D, Durazo R, Luke A, et al. The epidemiology of cirrhosis in the United States: a population-based study. J Clin Gastroenterol. 2015;49:690-696.



Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.