Oleh admin kalbemed pada September 05, 2018 06:00

Konsumsi Gula dan Kaitannya dengan Kanker?

World Cancer Research Fund (WCRF) mengeluarkan rekomendasi bahwa untuk mengurangi risiko kanker maka disarankan agar kita mengurangi konsumsi minuman manis bergula. Disarankan agar minum terutama air putih atau minuman yang tidak manis.

Rekomendasi ini dikeluarkan karena ada beberapa alasan yang mendasari, antara lain: mengkonsumsi minuman manis bergula (yang dapat memberikan asupan kalori tetapi tidak menurunkan nafsu makan) dapat meningkatkan berat badan, berat badan berlebih dan obesitas baik pada anak-anak dan dewasa, terutama apabila dikonsumsi sering-sering atau dikonsumsi dalam jumlah besar. Efek ini juga bisa semakin berat jika orang tersebut jarang berolahraga. Minuman manis bergula memberikan efek ini melalui adanya peningkatan asupan kalori. Konsumsi minuman manis bergula telah mengalami peningkatan pada negara berpendapatan rendah dan menengah, berdampak pada meningkatnya prevalensi berat badan berlebih dan obesitas.

Secara lengkap, rekomendasi dari World Cancer Research Fund (WCRF) adalah sebagai berikut; jangan mengkonsumsi minuman manis bergula. Untuk memelihara keseimbangan cairan, paling baik adalah minum air putih, atau bisa juga dengan minum minuman yang tidak manis, seperti: the (Camellia sinensis) atau kopi tanpa tambahan gula. Baik kopi maupun teh, keduanya mengandung kafein. Untuk individu dewasa sehat, jumlah maksimum konsumsi kafein yang masih aman menurut European Food Safety Authority adalah 400 miligram per hari (sekitar 4 cangkir kopi). Ambang batas aman ini lebih rendah pada wanita hamil. Juga, disarankan agar jangan terlalu banyak mengkonsumsi jus buah.

World Cancer Research Fund (WCRF) mengeluarkan rekomendasi bahwa untuk mengurangi risiko kanker maka disarankan agar kita mengurangi konsumsi minuman manis bergula. Minuman manis bergula dapat meningkatkan asupan kalori dan berakibat pada berat badan berlebih. Disarankan agar minum terutama air putih atau minuman yang tidak manis. [NNO]


Image: Ilustrasi
Referensi: WCRF Blueprint for Lifestyle Changes to Prevent Cancer [Internet]. Medscape. [cited 2018 Aug 27]. Available from: http://www.medscape.com/viewarticle/897097