Oleh admin kalbemed pada July 13, 2018 06:00

Polihexanide-betaine Gel, Mempercepat Penyembuhan Luka Kronik

Luka akut akan mengalami penyembuhan secara fisiologis melalui beberapa tahap, antara lain: hemostatik, inflamasi, proliferasi dan remodeling. Akan tetapi seringkali luka mengalami komplikasi sehingga berakibat pada luka akut menjadi luka kronik. Salah satu komplikasi luka yang banyak terjadi adalah infeksi luka.

Untuk mencegah atau mengobati infeksi luka, maka digunakanlah dressing luka yang bersifat antimikroba, salah satunya adalah polihexanide. Polihexanide adalah antimikroba yang bersifat broad sperctrum dan juga tidak menghambat pertumbuhan fibroblast. Selain itu, betaine juga dapat bermanfaat untuk membantu mencegah atau mengobati infeksi luka, karena betaine adalah surfaktan yang bermanfaat untuk menurunkan tegangan permukaan, sehingga bakteri akan lebih mudah dibersihkan dari luka.

dr Durante dan tim dari Italia melakukan sebuah uji klinik yang diterbitkan di jurnal Minerva Chirurgica, yang mengevaluasi efektivitas penggunaan polihexanide-betaine gel untuk pengobatan luka kronik. Pada uji klinik ini, sebanyak 124 pasien dengan luka kronik mendapatkan pengobatan menggunakan polihexanide-betaine gel kemudian dievaluasi perkembangan luka nya dari beberapa parameter luka antara lain: ukuran luka, nyeri pada luka dan jumlah eksudat.

Hasilnya, setelah mendapatkan pengobatan menggunakan polihexanide / betaine gel, luka kronik pada pasien mengalami perbaikan berupa: ukuran luka mengalami penurunan yang bermakna (panjang: -17,5 ± 21,4 cm, lebar: -15,5 ± 21,1 cm; luas: -8,3 ± 16,7 cm²), nyeri pada luka mengalami perbaikan secara bermakna ((Visual Analogue Scale [VAS]: -4,67±2,7), sebanyak 74% pasien tidak bereksudat pada akhir uji klinik, dibandingkan dengan hanya 15% yang tanpa eksudat pada awal uji klinik.[NNO]



Image: Ilustrasi
Referensi: Durante CM, Greco A, Sidoli O, Maino C, Gallarini A, Ciprandi G. Evaluation of the effectiveness of a polyhexanide and propyl betaine-based gel in the treatment of chronic wounds. Minerva Chir. 2014 Oct;69(5):283–92.

Comments

jordan davidson
## jordan davidson
Monday, July 16, 2018 5:04 PM
I realize and this is authentic and the truth that there are lot of corporations like Essay Writing Service UK Cheap who're making proper development in making things precious. However, the base of all of the factors should need to be covered.

Post Comment

Only registered users may post comments.