Oleh Admin Kalbe Medical pada January 11, 2018 07:30

Probiotik Meningkatkan Seroprotektif dari Vaksin Influenza

Penyakit flu atau influenza merupakan gangguan saluran pernapasan yang sering ditemui di musim hujan. WHO memperkirakan epidemi flu menyebabkan 3-5 juta kejadian penyakit yang berat dan 250.000-500.000 kematian setiap tahunnya. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan vaksinasi, meskipun vaksinasi tidak menjadi jaminan bahwa seseorang akan benar-benar terbebas dari flu.

Efektivitas vaksinasi flu dalam melindungi seseorang terbebas dari flu dipengaruhi 2 faktor, antara lain jenis strain dan respons imun penerima vaksin. Jenis strain yang dimaksud jika strain yang ada dalam vaksin dan disuntikkan belum meliputi seluruh strain virus penyebab. Yang kedua adalah respons imun dari penerima vaksin yang kurang baik menyebabkan vaksin tidak bekerja optimal. Beberapa adjuvan disarankan untuk diberikan bersamaan dengan vaksinasi untuk meningkatkan efikasi.


Probiotik disebut sebagai salah satu adjuvan yang relatif aman diberikan untuk meningkatkan seroprotektif dari vaksinasi flu. Beberapa bukti menyebutkan bahwa dengan pemberian suplemen probiotik dan prebiotik secara positif mempengaruhi respons imun. Dengan demikian, keduanya juga diduga dapat memperbaiki respons imun terhadap vaksinasi. Hipotesis ini telah melewati beberapa uji klinik. Dari beberapa uji klinik, 13 di antaranya menggunakan probiotik saja, 6 prebiotik, dan 1 menggunakan sinbiotik. Pada hasil studi ditemukan yang menggunakan probiotik memberikan hasil yang baik. Genus yang sering digunakan adalah Bifidobacterium (Bifidobacterium longum) dan Lactobacillus terutama Lactobacillus casei.


Dalam sebuah meta-analisis, dari 9 uji klinik dan total 623 subjek mendapatkan hasil bahwa probiotik dan prebiotik menunjukkan perbaikan yang bermakna pada seroprotection rate virus influenza strain H1N1, seroprotection rate virus influenza strain H3N2, dan seroconversion rate virus influenza strain B. Hasilnya disebutkan bahwa probiotik dan prebiotik efektif dalam meningkatkan imunogenisitas dengan cara mempengaruhi tingkat serokonversi dan seroproteksi pada dewasa yang terinokulasi dengan vaksin influenza.


Dari hasil meta-analisis ini, dengan pemberian suplemen probiotik atau prebiotik dapat meningkatkan probabilitas absolut sekitar 15-20%. Masih terdapat kekurangan pada uji klinik ini, karena tidak disebutkannya mana yang lebih baik apakah probiotik, prebiotik, atau sinbiotik. Sebagai tambahan, pada uji klinik ini juga dilakukan pada orang sehat, dan disebutkan bahwa semakin lama durasi pemberian suplemen maka semakin baik juga efek pada stimulasi vaksin. Sementara yang dapat kita ketahui adalah dengan suplemen, baik probiotik, prebiotik, maupun sinbiotik, dapat memperbaiki respons imun pada vaksinasi flu.


Simpulan:

Seroproteksi dan serokonversi dari vaksin influenza dipengaruhi banyak faktor, seperti jenis strain dan respons imun penerima vaksin. Pemberian suplemen probiotik, prebiotik, dan sinbiotik ditemukan dapat meningkatkan respons imun, sehingga dapat meningkatkan seroproteksi dan serokonversi vaksin influenza. (OEP)

Image : Ilustrasi
Referensi:
1.Wei-Te L, Pei-Ching S, Shu-Jung L, Chien Yu L, Tzu-Lin Y. Effect of probiotics and prebiotics on immune response to influenza vaccination in adults: A systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Nutrients. 2017;9(1175):1-17.
2.Namba K, Hatano M, Yaeshima T, Takase M, Suzuki K. Effects of Bifidobacterium longum BB536 administration on influenza infection, influenza vaccine antibody titer, and cell-mediated immunity in the elderly. Biosci Biotechnol Biochem. 2010;74(5):939-45.

Related Articles

Probiotik Lactobacillus reuteri Membantu Meredakan Kolik pad Bayi Kolik pada bayi merupakan salah satu  masalah yang sering terjadi pada bayi usia kurang dari 3 bulan, keluhan ini mengenai sekitar 3% - 28% ...
Statin Memberikan Manfaat pada Kasus Disfungsi Ereksi Statin memperbaiki fungsi endotel melalui penurunan kadar low density lipoprotein (LDL) dan mungkin juga melalui efek pleiotropik yang berkaitan denga...
Mouthwash Menggunakan Probiotik dapat Bermanfaat Mengontrol Terjadinya Plak Gigi dan Gingivitis Dalam sebuah literatur disebutkan bahwa dalam rongga mulut orang dewasa diperkirakan lebih dari 500 spesies dapat hidup dan berkoloni. Lebih jauh lagi...
Oligosakarida, Manfaat Lain Sebagai Laksatif Oligosakarida, selain mempunyai manfaat sebagai prebiotik, juga memberikan nilai tambah yang lain, salah satunya sebagai laksatif. Hasil penelitian me...
Benarkan Probiotik Mempunyai Efek Antioksidan? Probiotik didefinisikan sebagai mikroorganisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu memberikan manfaat  terhadap kesehatan pejamu.&nb...

Comments

Gracie Flora
## Gracie Flora
Friday, January 19, 2018 6:06 PM
There is solid proof that probiotics decrease the occurrence and term of diarrhoeal disease among newborn children and grown-ups . Additionally investigations of the impact of probiotics on the reaction to rotavirus and Order Custom Assignment cholera immunization in babies and cholera or Salmonella inoculation in grown-ups would in this manner be of premium.

Post Comment

Only registered users may post comments.