Register   |  Login
You are here >   News
June 18, 2012 08:06

Tata laksana terapi nutrisi merupakan bagian dari tata laksana pasien secara komprehensif. Pengetahuan tata laksana nutrisi ini terdiri atas pengetahuan dasar dan pengetahuan yang terkait dengan penyakit yang membutuhkan asuhan nutrisi khusus. Pemahaman asuhan nutrisi meliputi cara pemberian nutrisi yang sesuai dengan kondisi pasien, jumlah kalori yang akan diberikan, jenis nutrisi yang akan dipilih, rute pemberian, pemantauan, dan evaluasinya.

Terjadinya malnutrisi saat pasien dirawat di RS memiliki konsekuensi serius, antara lain penurunan berat badan selama perawatan, perlambatan penyembuhan luka, penurunan fungsi imun, pemanjangan lama perawatan, dan peningkatan risiko kematian.

Kutipan di atas merupakan bagian dari pembukaan buku Konsensus Nutrisi PAPDI yang beberapa waktu lalu disusun dan dirumuskan oleh perwakilan dokter anggota PAPDI dari seluruh Indonesia, yang terdiri atas 5 dokter gastroenterologi, 2 hepatologi, 1 geriatri, 3 nefrologi, 4 endokrinologi, 4 hemato-onkologi medik, 1 tropik infeksi, dan 1 dokter gizi. Setelah sukses menggelar Roadshow Nutrisi PAPDI (RNP) di 14 kota besar di seluruh Indonesia, yang masih berlanjut, kali ini PAPDI kembali menggandeng PT. Kalbe Farma, Tbk. (khususnya Divisi Holistic Care ICAN) untuk merumuskan sebuah konsensus mengenai pengelolaan dan penatalaksanaan nutrisi dalam ranah spesialisasi penyakit dalam.

Acara yang dimulai pkl. 13.30 WIB tersebut dibuka dengan sambutan dari Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, MMB, FACP yang mewakili ketua umum PAPDI, Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP. Beliau menjelaskan bahwa tujuan pertemuan selama satu setengah hari tersebut adalah untuk menyusun sebuah buku pedoman yang dapat digunakan oleh ahli penyakit dalam pada khususnya dan dokter di daerah pada umumnya dalam memberikan terapi nutrisi saat mengelola pasien rawat inap.

Untuk menyamakan persepsi, diadakan 3 sesi yang dibawakan dengan apik oleh 3 pakar nutrisi: Prof. dr. Djoko Wahono, SpPD, KEMD, FINASIM, Prof. dr. Sarwono Waspadji, SpPD, KEMD, dan Prof. dr. Rully M. A. Roesli, SpPD, KGH, FINASIM dengan topik Tata Laksana Nutrisi pada Penyakit Dalam, Dasar-Dasar Nutrisi, dan Peran Dokter Spesialis Penyakit Dalam pada Pemberian Nutrisi pada Pasien Rawat Inap. Bertindak sebagai moderator adalah Prof. dr. Daldiyono, SpPD, KGEH.

Penyusunan dan perumusan konsensus diawali dengan penjelasan mengenai tata cara penyusunan buku konsensus yang dibawakan oleh Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, MMB, FACP selaku koordinator penyusunan buku ini. Buku konsensus ini dibagi menjadi 2 bagian besar, nutrisi dasar dan nutrisi lanjutan. Bagian nutrisi dasar berisi tentang pedoman pemberian terapi nutrisi secara umum disertai contoh kasus yang disusun oleh 10 dokter, sedangkan bagian nutrisi lanjutan berbicara mengenai pemberian terapi nutrisi pada kasus penyakit tertentu (seperti hati, saluran pencernaan, ginjal, infeksi, geriatri, dan kanker. Pembahasan ini dilakukan oleh 12 dokter peserta perumus konsensus.

Diskusi pembahasan materi buku konsensus ini berjalan sangat hangat dan bersemangat sampai dengan pkl. 00.30 WIB hari Sabtu, 2 Juni 2012. Keesokan harinya, dimulai pkl. 09.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel hasil pembahasan malam sebelumnya. Akhirnya, pkl. 11.30 WIB, acara ini secara resmi ditutup oleh Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, MMB, FACP. Diharapkan pada acara KOPAPDI di Medan tanggal 11-14 Desember 2012, buku konsensus nutrisi ini sudah terbit sehingga dapat diperkenalkan kepada para anggota PAPDI.

(Meilany – ICAN)

Posted in: Kalbe Academia

Comments

muljadi
## muljadi
Friday, December 07, 2012 11:31 AM
saya tertarik dengan rencana PAPDI membuat konsensus nutrisi tersebut. Kebetulan keseharian saya adalah kepala bidang Pelayanan medis di sebuah RS swasta di Surakarta yang juga mengatur tentang gizi pasien. Saya ingin menanyakan apakah buku tersebut sudah selesai disusun? Dan dapatkah saya membelinya? Dimanakah saya dapat membelinya?
terima kasih

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above: