Register   |  Login
You are here >   News
April 24, 2012 15:12

Hari Minggu, 15 April 2012, tepat pukul 08.30 WIB, dimulai rangkaian sosialisasi SOP (Standard Operation Procedure) untuk ICU (Intensive Care Unit) dan HCU (High Care Unit) wilayah Jawa Barat, bertempat di Gedung Eyckman, FK UNPAD/RSHS, Bandung. Sosialisasi ini merupakan kali ketiga, setelah sebelumnya dihelat di kota Palembang, untuk wilayah Sumbagsel (Sumatera bagian selatan), dan Semarang (Jawa Tengah bagian utara). Program ini akan berjalan bersinambungan di beberapa kota di Indonesia demi pemerataan dan sosialisasi SOP ICU dan HCU. Hal ini sudah diungkapkan dengan gamblang pada saat pembukaan acara ISICM (Indonesia Society of Intensive Care Medicine) Early Year Symposium yang berakhir 1 hari sebelumnya di Grand Hyatt Bandung.

Peserta kali ini berasal dari berbagai rumah sakit di Jawa Barat, baik dari rumah sakit umum maupun rumah sakit swasta khususnya dari daerah Priangan Timur meliputi daerah Bandung sendiri, Tasikmalaya, Cianjur, Sumedang dan Subang dengan jumlah peserta adalah 47 orang. Dengan jumlah peserta tersebut kemudian dibagi dalam 2 kelas terdiri atas 24 orang yang terdiri atas 19 dokter umum (GP ICU), 1 orang dokter bedah saraf, 3 orang dokter anestesi, dan 1 orang dokter internis dan kelas lainnya terdiri atas tenaga paramedic sebanyak 23 orang. Tentunya dengan pembagian kelas ini diharapkan terdapatnya pemerataan pengetahuan dan keterampilan bagi setiap peserta. Tenaga pengajar berasal dari dokter intensivis yang sudah pakar dengan pelayanan di ICU dan atau HCU dan merupakan praktisi sehingga para peserta dapat memperoleh pengetahuan juga mengenai hal – hal praktis yang terjadi di ICU dan atau HCU. Para tenaga pengajar tersebut diantaranya adalah Dr. Oloan E Tampubolon, SpAn, K-IC, MHKes; Dr. Tinni T Maskoen, SpAn, K-IC; Dr. Ike Sri Rejeki, SpAn, K-IC; Dr. Dwi Pantja W, SpAn, K-IC; Dr. Sobaryati, SpS, K-IC; Dr. Anang Achmadi, SpAn, K-IC, Dr. Rully H Sitanggang, SpAn, K-IC, Dr. Nur Indah Wuriana, SpAn, K-IC dan Dr. Bambang P, SpAn, K-IC.

Sesuai dengan SK Kepmenkes no. 1778 yang dikeluarkan tahun 2010 tujuan diadakannya program ini adalah supaya para dokter pengelola ICU dan tenaga paramedic yang bekerja di sistem unit ICU dan atau HCU memiliki kompetensi yang cukup dan relative seragam di seluruh Indonesia untuk mengelola ICU di rumah sakit masing-masing. Saat ini terdapat 653 rumah sakit yang membutuhkan unit ICU dan ±300 diantaranya adalah rumah sakit tipe C. Artinya hampir setengah dari institusi pelayanan kesehatan rujukan di daerah masih belum memiliki unit ICU apalagi HCU. Padahal unit ICU dan HCU sangat dibutuhkan sebagai sistem terpadu di rumah sakit dalam penanganan kasus – kasus yang spesifik dan membutuhkan monitoring yang serius.

Materi yang disampaikan dalam acara ini sudah terstandar dan sama untuk setiap penyelenggaraan. Materi yang disampaikan antara lain adalah sosialisasi pedoman HCU dan ICU, konsep dan ketenagaan ICU, pengkajian pasien kritis, gagal napas, pengelolaan jalan napas, dasar, modus, dan masalah pada ventilasi mekanik, sedasi dan analgesik, pemantauan hemodinamik, syok, oligouria, sepsis, kegawatan neurologis, masalah anak sakit kritis, transportasi, dan rujukan. Materi ini dilengkapi juga dengan adanya skill station sehingga para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang sudah diperoleh saat materi teori disampaikan. Skill station ini dibagi dalam 2 hari dan 3 sesi per harinya meliputi ventilasi mekanik I dan II, pengelolaan jalan napas, terapi cairan dan elektrolit, pemantauan hemodinamik, dan manajemen infeksi.

Pada kesempatan ini, PT. Kalbe Farma, Tbk memperkenalkan produk-produk nutrisi enteral (Entramix, Peptisol, Entrakid, Hepatosol, dan Hepatosol LOLA), parenteral (Triofusin, Clinimix, ClinOleic, Ivelip, Kalbamin, Renxamin, Aminofusin Hepar, Comafusin Hepar), serta produk cairan (FimaHes, basic solution), termasuk parasetamol injeksi (Tamoliv) kepada para peserta. Sewaktu skill station, para peserta pun dapat memperoleh pengetahuan mengenai produk-produk tersebut melalui tanya jawab singkat dengan pengajar.

(Meilany – Holistic)

Posted in: Seminar News

Comments

Hesty
## Hesty
Tuesday, March 12, 2013 8:04 PM
assalamu alaikum...!!!

saya seorang mahasiswi magang di salah satu rumah sakit tipe C, saya minta bantuannya mengenai SOP penanganan limbah rumah sakit

terima kasih :)

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above: