Register   |  Login
You are here >   News
April 05, 2012 15:46

Roadshow Nutrisi PAPDI (RNP) yang pertama tahun 2012 ini merupakan kali ke-14 dari rangkaian roadshow PAPDI yang bekerja sama dengan PT. Kalbe Farma, Tbk sejak tahun 2009 lalu. Acara Roadshow Nutrisi PAPDI XIV yang bertema ”Nutrisi Klinik: Dari Ilmu Dasar hingga Aplikasi” ini diselenggarakan di Hotel Santika Bogor pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 31 Maret-1 April 2012 lalu. Setelah sukses mengadakan acara serupa di 13 kota lainnya–di antaranya Medan, Yogyakarta, Palembang, Ambon, Denpasar, Pekanbaru, Balikpapan, Purwokerto, Makassar, dan Manado–Divisi ICAN (Intensive Care, Anaesthesia and Nutrition) kembali menggandeng PAPDI dalam rangka mengadakan acara edukasi nutrisi di beberapa daerah.

Walaupun diadakan di Bogor, ternyata peminatnya tidak hanya berasal dari Bogor dan sekitarnya (seperti Sukabumi, Cianjur), tetapi juga dari Jakarta, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Bandar Lampung, bahkan Samarinda. Dengan anggota PAPDI Bogor yang berjumlah 28 orang saja, peserta membludak hingga mencapai 62 orang pada hari pertama, terdiri atas dokter spesialis penyakit dalam, dokter bedah, urolog, dan dokter umum. Pada hari kedua, tercatat 57 orang peserta yang hadir dan sebagian besar peserta masih mengikuti dengan baik rangkaian sesi teori dan workshop.

Roadshow nutrisi di Makassar ini dibuka oleh dr. Taolin Agustinus, SpPD, K-GEH, FINASIM selaku ketua PAPDI cabang Bogor. Dalam sambutannya, beliau sangat berharap agar seluruh peserta yang mengikuti acara ini, baik yang dari Bogor maupun luar kota Bogor, dapat memperoleh ilmu nutrisi untuk selanjutnya diterapkan di masing-masing rumah sakit.

Rangkaian acara RNP ini didahului dengan sesi mengenai Nutrisi Dasar, meliputi materi metabolisme karbohidrat, lemak, protein dan respons metabolik pada kondisi khusus (Prof. dr. Sarwono W, SpPD, K-EMD), peran mikronutrien dalam metabolisme dan kebutuhan nutrisi serta cairan normal (Prof. dr. Rully M A Roesli, SpPD, K-GH, FINASIM), penapisan dan penilaian status nutrisi serta nutrisi enteral dan parenteral (dr. Nina Kemala Sari, SpPD, K-Ger, FINASIM). Seluruh sesi nutrisi dasar ini secara garis besar membahas mengenai hal–hal mendasar yang perlu diketahui seorang tenaga medis untuk melakukan penilaian, analisa dan mengambil keputusan terapi nutrisi yang seperti apa yang akan diambil bagi pasiennya.

Pada sesi nutrisi lanjutan, masih di hari pertama, lebih jauh lagi dibahas terapi nutrisi pada kasus penyakit tertentu. Sebagai pembuka, sesi nutrisi khusus mengenai pemberian nutrisi pada penyakit hati disampaikan oleh dr. Irsan Hasan, SpPD, K-GEH, FINASIM. Disusul dengan nutrisi pada penyakit infeksi, khususnya sepsis, yang dipaparkan secara jelas oleh dr. Erni J Nelwan, SpPD, FINASIM. Sesi nutrisi lanjutan ini diteruskan hingga hari kedua dengan sesi mengenai pemberian nutrisi pada penyakit gastrointestinal oleh Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, MMB, FINASIM. Setelah itu, giliran dr. Ginova Nainggolan, SpPD, K-GH, FINASIM menerangjelaskan perihal nutrisi pada penyakti ginjal, baik kronik maupun akut. Sesi nutrisi lanjutan ini ditutup dengan apik oleh dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger, M. Epid, FINASIM yang menjelaskan mengenai pemberian nutrisi pada pasien geriatri. Setelah semua sesi nutrisi lanjutan ini rampung, PT. Kalbe Farma, Tbk berkesempatan mempresentasikan semua produk nutrisinya, termasuk salah satu produk baru ICAN, yakni TAMOLIV (Parasetamol Injeksi). Pada roadshow kali ini, ICAN menggandeng tim Andromeda (Secondary) dengan produk Cernevit-nya yang memang sudah dirancang sedemikian rupa diberikan bersamaan dengan produk ICAN, yaitu Clinimix dan ClinOleic atau Ivelip.

Roadshow nutrisi ini ditutup dengan diskusi kelompok mengenai kasus yang terkait dengan pembahasan di sesi nutrisi lanjutan. Dalam diskusi ini, terapi nutrisi yang diberikan harus dipikirkan dengan cermat dan seksama, entah berupa nutrisi enteral, parenteral, maupun campuran. Antusiasme para peserta ditunjukkan dengan maraknya pertanyaan seputar hal-hal yang sering terjadi di bangsal perawatan.                          

(Meilany HC – ICAN)
Posted in: Seminar News

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.