Bisphosphonate Generasi Ketiga Bermanfaat Untuk Otosklerosis, Benarkah?

Diseases of the ear and mastoid process

Diseases of the ear and mastoid process

Otosklerosis merupakan kelainan yang disebabkan oleh aktivitas osteoklas pada kapsul otik tulang. Otosklerosis klinis secara khas disertai dengan gangguan pendengaran konduktif karena fokus otosklerotik yang mempengaruhi mobilitas tulang sanggurdi (stapes). Golongan bisphosphonate generasi ke-3 yang lebih baru bekerja dengan menghambat farnesyl pyrophosphate synthetase, sehingga menyebabkan osteoklas tidak aktif.

Kombinasi Terapi Rehidrasi Oral dan Ondansertron, Efek Lebih Baik Lho..

Diseases of the digestive system

Diseases of the digestive system

Penyakit diare merupakan penyebab utama kematian bayi di negara berkembang. Terapi rehidrasi oral (ORT) dengan larutan rehidrasi oral (ORS) masih menjadi andalan tatalaksana yang sesuai dari dehidrasi akibat diare, tetapi sayangnya sering kurang dimanfaatkan. Selain itu, banyak penyedia layanan kesehatan menganggap bahwa muntah merupakan penghalang keberhasilan ORT. 

Vitamin D, Ini Manfaatnya Pada Jerawat

Diseases of the skin and subcutaneous tissue

Diseases of the skin and subcutaneous tissue

Akne vulgaris (jerawat) merupakan suatu penyakit inflamasi kronik pada kulit yang kompleks dan sering dijumpai. Pengaruh hormonal, sumbatan dan hiperkeratinisasi folikuler, peningkatan sekresi sebum, kolonisasi bakteri Propionibacterium acnes, serta inflamasi terlibat dalam patogenesis akne. P. acnes memicu aktivasi sitokin oleh Toll-like receptor, yang berarti bahwa sistem imun bawaan juga penting untuk terjadinya akne. 
 

123