Kombinasi Rantidine Dan Jus Buah Quince, Memberikan Manfaat Untuk GERD Pada Anak

Pengobatan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) pada anak-anak adalah yang paling penting. Studi terbaru menunjukkan bahwa kombinasi ranitidine dan sirup buah quince memberikan manfaat untuk memperbaiki keluhan GERD pada anak. Quince mempunyai nama latin Cydonia oblonga adalah sebuah anggota tunggal dari genus Cydonia dalam keluarga Rosaceae (yang juga terdiri dari apel dan pir, serta buah-buahan lainnya). 

Hal ini merupakan hasil penelitian dari Maryam Naeimia - Student Reseaerch Committee, Babol University of Medical Sciences, Babol, Iran dan kolega yang telah dipublikasikan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine tahun 2019 ini. Dalam studinya peneliti melibatkan sebanyak 96 anak yang dicurigai menderita gastroesophageal reflux (GERD). Secara acak tersamar ganda dibagi dalam 2 kelompok yang masing-masing mendapatkan ranitidine dan kelompok ranitidine ditambah sirup quince

Gejala GERD dinilai sebelum dan setelah intervensi (4 minggu) menggunakan standardized Global Severity Questionnaire (GSQ-YC). Pada evaluasi akhir penelitian menujukkan bahwa gejala-gejala muntah, penolakan makan, bersendawa atau bersendawa, dan sakit perut membaik secara signifikan. Namun, kombinasi ranitidine dan sirup buah quince memberikan hasil yang lebih bermakna. 

Dari hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa pemberian sirup ranitidine plus quince bermanfaat untuk GERD pada anak. Namun, dianjurkan untuk melakukan penelitian di masa depan dengan ukuran sampel yang lebih besar dan dosis yang berbeda.

 

Silakan baca juga, Info BPOM: Produk Ranitidine PT. Kalbe Farma Tbk, dan PT. Hexpharm Jaya, Diperbolehkan Dipasarkan Kembali

Image: Ilustrasi (sumber: https://www.babycenter.com/)
Referensi: Naeimia M, Kianifar H, Kamalinejad ZMM, Bijanie A, Saghebif R, Gorji N. Comparison of the efficacy of ranitidine and quince syrup on gastroesophageal reflux disease in children. Complementary Therapies in Medicine 2019:45;215-21.

Please login or register to post comments.