Ini Manfaat Lain Penggunaan IUD Pada Wanita
Tuesday, October 22, 2019

Ini Manfaat Lain Penggunaan IUD Pada Wanita

Penggunaan intrauterine device (IUD) sebagai salah satu alat kontrasepsi ternyata mempunyai efek lain yaitu dihubungkan dengan penurunan risiko terjadinya kanker ovarium. Hal tersebut berdasarkan dari suatu sistematik review dari data retrospektif yang sudah ada. 

Studi sistematik review tersebut dilakukan oleh Dr. Lindsay dari Divisions of Gynecologic Oncology and Family Planning, Department of Obstetrics and Gynecology, and the Health Sciences Library, University of Colorado Anschutz Medical Campus, Aurora, Colorado dan kolega yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Obstetric and Gynaecologic tahun 2019 ini.

Untuk penelitian mereka, Dr. Lindsay dan kolega mencari data MEDLINE, EMBASE, Cochrane Library, dan Web of Science Core Collection dari awal hingga Juni 2018. Mereka mengidentifikasi 564 laporan tentang hubungan antara penggunaan IUD dan kanker ovarium, namun cukup banyak yang tidak dimasukkan sebagai bahan studi dikarenakan berupa laporan kasus atau memiliki keterbatasan lain.

Dari sebanyak data studi yang didapatkan,  11 studi dimasukkan untuk meta-analisis. Dari jumlah tersebut, 9 adalah studi kasus kontrol dengan total 4.484 kasus kanker ovarium dan 9.107 wanita yang tidak memiliki diagnosis kanker ovarium. Terdapat penurunan sekitar 32% dari risiko kanker ovarium dari wanita yang menggunakan IUD dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakan hal tersebut.

Menurut hipotesis peneliti, terdapat dua hal yang diperkirakan mengapa IUD dapat menurunkan risiko kanker ovarium, yang pertama adalah efek hormonal dan kedua adanya metal dalam komponen IUD. Levonorgestrel pada IUD akan mencegah terjadinya kehamilan dan selain itu, progestin mempunyai efek anti-estrogenik dan efek inilah yang akan menyebabkan penurunan risiko kanker ovarium.

 

 

Silahkan baca juga: Paxus, menghambat depolimerisasi mikrotubulus.

Image: Ilustrasi (sumber: https://lifestyle.kompas.com/)
Referensi:
1. Wheeler, Lindsay J.; Desanto, Kristen MSLS; Teal, Stephanie B; Sheeder, Jeanelle; Guntupalli, Saketh R.  Intrauterine Device Use and Ovarian Cancer Risk. A Systematic Review and Meta-analysis. Obstetrics & Gynecology 2019;134(4):791-800
2. Fran Lowry. IUD Use Linked to Reduced Risk of Ovarian Cancer. https://www.medscape.com/viewarticle/918759

Please login or register to post comments.