Manfaat Suplementasi Asam Amino pada Kondisi Fisik dan Kesehatan Kulit
Monday, October 14, 2019

Manfaat Suplementasi Asam Amino pada Kondisi Fisik dan Kesehatan Kulit

Risiko terjadinya masalah kesehatan seperti osteoporosis, kerusakan kulit, gejala pre-menstruasi, dan presbiopia (hilangnya kemampuan mata dalam melihat objek dalam jarak dekat secara bertahap, atau yang dikenal dengan istilah mata tua) semakin meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Gejala-gejala ini dapat kita hindari terjadinya dengan menekan penuaan sehingga memberikan fungsi tubuh yang lebih baik dan memperpanjang harapan hidup seseorang. Konsep inilah yang dikenal dengan “anti-aging medicine” yang biasanya mencakup pola makan, olahraga, tidur, dan penggunaan kosmetik. 

Penuaan biasanya akan ditandai dengan perubahan komposisi tubuh termasuk berkurangnya massa otot dan peningkatan massa lemak. Penurunan massa otot dapat menyebabkan penurunan kapasitas fisik dan meningkatkan risiko jatuh. Sintesis otot merupakan respons asimilasi dari makanan yang menurun karena terjadinya proses penuaan yang disebabkan oleh penurunan sintesis protein. Penurunan ini biasanya disebabkan oleh penurunan konsentrasi L-leucine yang merupakan salah satu dari BCAA (branced chain amino-acids). Penggunaan suplemen asam amino seperti L-Leucine, L-Arginine, dan L-glutamine dikenal bermanfaat untuk komposisi tubuh dan perbaikan kondisi kulit

Studi terbaru menunjukkan bahwa, suplementasi asam amino (L-leucine, L-arginine, dan L-glutamine), memberikan manfaat terhadap kondisi tubuh secara umum serta kesehatan kulit. Studi yang dilakukan oleh Dr. Matoko Takaoka dari Department of Biosphere Sciences, School of Human Sciences, Kobe College, Japan, dan kolega yang telah dipublikasikan secara online dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition tahun 2019. Studi yang melibatkan sebanyak 29 wanita, secara acak mendapatkan suplemen asam amino (600 mg L-leucine, 250 mg L-arginine, dan 300 mg L-glutamine) dan sebagai pembanding mendapatkan plasebo. Suplementasi diberikan 2x sehari selama 6 minggu. 

Dari intervensi tersebut diperoleh hasil bahwa, terjadi peningkatan yang bermakna persentase massa otot pada kelompok subjek yang mendapat suplementasi asam amino hingga 4 minggu dan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok plasebo. Tekstur kulit terjadi perbaikan atau  peningkatan pada kelompok dengan pemberian asam amino di minggu ke-6 dibandingkan dengan minggu-0.

Dan secara umum peneliti menyimpulkan bahwa, wanita dewasa muda yang tidak berolahraga menunjukkan peningkatan signifikan massa otot dan perbaikan tekstur kulit dengan penggunaan suplemen asam amino

 

Baca juga, Konsumsi Tomat untuk Atasi Radiasi Sinar UV

Image: Ilustrasi (https://www.skincare.com/article/shine-bright-five-steps-for-glowing-skin)
Referensi:
1. Takaoka M, Okumura S, Seki T, Ohtan M. Effect of amino-acid intake on physical conditions and skin state: A randomized, double-blind, placebo controlled, crossover trial. J Clin Biochem Nutr. 2019;65(1):52-8.
2. Zelig R, Rigassio Radler D. Understanding the properties of common dietary supplements: clinical implications for healthcare practitioners. Nutr Clin Pract 2012; 27: 767–776.
3. Pedroso JA, Zampieri TT, Donato J Jr. Reviewing the effects of L-leucine supplementation in the regulation of food intake, energy balance, and glucose homeostasis. Nutrients 2015; 7: 3914–3937.

Please login or register to post comments.