Hyaluronic Acid Single-injection untuk Mengurangi Nyeri Sendi akibat Osteoartritis, Efektifkah?
Monday, July 22, 2019

Hyaluronic Acid Single-injection untuk Mengurangi Nyeri Sendi akibat Osteoartritis, Efektifkah?

Osteoartritis adalah penyakit radang sendi yang diakibatkan oleh adanya gesekan pada tulang rawan sendi, yang berakibat pada cedera rawan sendi, nyeri saat sendi digerakkan, kekakuan sendi, dan peradangan sendi. Kerusakan sendi pada osteoartritis, biasanya akan semakin memberat seiring dengan bertambahnya usia dan semakin beratnya penggunaan sendi, misalnya sendi weigthbearing.

Untuk mengukur beratnya cedera sendi, pemeriksaan gold standard-nya adalah radiografi disertai klasifikasi Kellgren-Lawrence, di mana derajat keparahan osteoartritis dibagi menjadi 5 derajat, yaitu: 0, 1, 2, 3, dan 4. Baru-baru ini juga digunakan parameter yang dikenal sebagai FIC (femoral intercondylar cartilage). FIC adalah ketebalan kartilago pada femur sendi lutut yang mencerminkan derajat osteoartritis, yang diukur menggunakan ultrasonografi. FIC lebih tinggi pada dewasa muda yang sehat, serta FIC akan menurun seiring bertambahnya usia dan seiring semakin beratnya osteoarthritis.

Sebuah uji klinik yang dilakukan oleh dr. Tuan dan tim dari Taiwan, mengevaluasi bagaimana efektivitas penggunaan hyaluronic acid single-injection (frekuensi penyuntikkannya setiap 6 bulan sekali) untuk menurunkan VAS (visual analog scale) dan meningkatkan FIC. Parameter VAS dan FIC dievaluasi baseline, 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan pasca-injeksi.

 

Image : Ilustrasi

Kesimpulan:

Hyaluronic acid single-injection dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri (VAS) pada 1, 3, dan 6 bulan pasca-injeksi secara bermakna, serta memperbaiki ketebalan FIC secara bermakna.

Please login or register to post comments.