Ternyata Golongan Darah Tipe A Dapat Diubah Menjadi O, Lho
Wednesday, July 3, 2019

Ternyata Golongan Darah Tipe A Dapat Diubah Menjadi O, Lho

Para peneliti telah menemukan cara untuk menggunakan sepasang enzim dari bakteri usus manusia untuk mengubah tipe A menjadi donor darah tipe O universal, menurut laporan yang dilakukan oleh Peter Rahfeld, PhD, dari University of British Columbia di Kanada, dan rekannya meneliti manusia usus microbiome untuk enzim yang mungkin secara efektif menghilangkan antigen A dan telah diterbitkan dalam Jurnal  Nature Microbiology.

Para peneliti mengatakan aktivitas tinggi dan spesifisitas enzim ini membuat sebagai kandidat yang sangat menjanjikan ini untuk implementasi yang hemat biaya dalam pengumpulan darah rutin, pemrosesan yang sudah ada secara otomatis dan penyimpanan, dengan implikasi utama untuk fleksibilitas suplai darah dan kemungkinan aplikasi dalam organ transplantasi.

Seperti diketahui, golongan darah O-negatif adalah golongan darah universal, yang dapat ditransfusikan menjadi apa pun,  darah yang tidak cocok menyebabkan reaksi transfusi yang berpotensi fatal yang mengaktifkan komplemen dan melisiskan darah merah sel (sel darah merah). 

Golongan darah muncul dari kelompok antigen permukaan sel. Dalam sistem ABO, antigen permukaan sel ini adalah struktur karbohidrat yang masing-masing  a-1,3-linked-N-acetylgalactosamine (GalNAc) untuk darah tipe A dan  galactose (Gal) untuk darah tipe B. Sel darah merah tipe O, di sisi lain, tidak mengandung gula terminal ini, dan dengan demikian dapat ditransfusikan secara universal kepada pasien dengan tipe rhesus yang sama. Konsep pengangkatan enzimatik dari GalNAc inilah yang dilakukan oleh peneliti sehingga darah dengan gologan A dapat diubah menjadi golongan darah O.

 


Image: Ilustrasi
Referensi: Referensi: Peter Rahfeld; Lyann Sim; Haisle Moon; Iren Constantinescu; Connor Morgan-Lang; Steven J. Hallam; Jayachandran N. Kizhakkedathu; and Stephen G. Withers. An enzymatic pathway in the human gut microbiome that converts A to universal  O type blood. Nature Microbiology. https://doi.org/10.1038/s41564-019-0469-7  June 2019
 

Please login or register to post comments.