Hasil Review Sistematik, Perawatan Luka Negatif Mencegah "Surgical Site Infection".
Tuesday, April 16, 2019

Hasil Review Sistematik, Perawatan Luka Negatif Mencegah "Surgical Site Infection".

Perawatan luka tekanan negatif adalah metode perawatan luka dengan memberikan tekanan negatif (menghisap), baik secara kontinu ataupun intermiten. Salah satu produk yang dipasarkan dapat memberikan tekanan negatif 80 mmHg secara kontinu dan dapat diatur besarnya tekanan dan juga jenis tekanannya apakah intermiten atau kontinu. Perawatan luka tekanan negatif diindikasikan untuk sebagai profilaksis luka pembedahan untuk mencegah surgical site infection (SSI) ataupun sebagai kuratif pada luka kronik untuk mempercepat penyembuhan.

Telah dilakukan cukup banyak uji klinik untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan tekanan negatif sebagai profilaksis luka pascabedah untuk mengurangi risiko terjadinya surgical site infection. Hasil dari beberapa uji klinik tersebut cukup bervariasi. Untuk mendapatkan bukti yang lebih baik, maka dokter Webster dan tim dari Australia melakukan sebuah systematic review yang diterbitkan di journal Cochrane Database of Systematic Reviews tahun 2019.

Review sistematik ini melibatkan 30 uji klinik (2957 partisipan). Rincian uji klinik adalah 5 abdomen dan kolrektal, 5 seksio sesaria, 5 artroplasti lutut & pinggul, 5 bedah panggul, 5 fraktur, 1 laparotomi, 1 bedah vaskular, 1 sternotomi, 1 mammoplasti. Hasil yang utama dari review sistematik adalah:
1. Tekanan negatif dapat menurunkan kejadian SSI secara bermakna (RR 0,67; 95% CI 0,53 sampai 0,85; 2533 partisipan; 2547 luka).
2. Akan tetapi, manfaat tekanan negatif terhadap mortalitas tidak berbeda bermakna (RR 0,63; 95% CI 0,25 sampai 1,56; 416 partisipan).

Dari review sistematik ini menyimpulkan bahwa penggunaan tekanan negatif pada pascaoperasi bedah (abdominal, kolorektal, section, artroplasti, bedah panggul, fraktur, laparotomi, bedah vaskular, sternotomi, mammoplasti) dapat bermanfaat untuk mengurangi kejadian SSI (surgical site infection) secara bermakna, akan tetapi tidak menurunkan angka kematian secara bermakna.

 


Image: Ilustrasi
Referensi:
1.  Sibbald RG, Mahoney J, V.A.C. Therapy Canadian Consensus Group. A consensus report on the use of vacuum-assisted closure in chronic, difficult-to-heal wounds. Ostomy Wound Manage. 2003 Nov;49(11):52–66.
2.  Webster J, Scuffham P, Stankiewicz M, Chaboyer WP. Negative pressure wound therapy for skin grafts and surgical wounds healing by primary intention. Cochrane Database Syst Rev. 2014 Oct 7;(10):CD009261.

 

 

Please login or register to post comments.