Detail Article
Congo Red Dot [CRD], Pemeriksaan Non-Invasif Yang Simpel untuk Diagnosis Pre-Eklampsia
Dokter Kalbemed
Apr 01
Share this article
img-CRD1.png
Updated 27/Jul/2022 .

Tes urin baru yang sederhana, "Kongo Red Dot Test," tampaknya dapat memprediksi dan mendiagnosis preeklampsia (PE), suatu penyebab mortalitas ibu dan bayi, menyebabkan cacat lahir, dan merupakan kontributor utama untuk kelahiran prematur. Sebuah tim peneliti dari Department of Obstetrics and Gynecology, The Ohio State University College of Medicine, Columbus, menemukan bahwa tes tersebut secara akurat memprediksi preeklampsia pada 347 wanita dalam penelitian mereka yang telah dipublikasikan dalam EClinicalMedicine tahun 2019.

Studi kohort prospektif yang dilakukan pada 346 wanita hamil berturut-turut dievaluasi untuk Pre-Eklampsia (PE) di unit triase Tenaga Kerja dan Pengiriman. The Congo Red Dot (CRD) Paper Test (uji indeks) dilakukan pada sampel urin segar. Hasil Tes CRD Paper dibandingkan dengan diagnosis ahli diputuskan dalam setiap kasus. Keakuratan Tes Kertas CRD juga dibandingkan dengan analit urin dan serum (faktor pertumbuhan plasenta dan tirosin kinase-1 seperti-fms terlarut) yang sebelumnya diusulkan sebagai alat bantu diagnostik untuk PE.


Selama kunjungan triase pertama, 32% wanita menerima diagnosis klinis PE. Namun, 63% diterima untuk pemeriksaan diagnostik rawat inap atau pelahiran. Tes Kertas CRD positif di 25% dari kasus. Tes Kertas CRD mengungguli penanda serum dan urine yang diukur (sensitivitas 80,2%, spesifisitas 89,2%, nilai prediksi negatif 92,1%, akurasi 86,7%). Probabilitas post-test, positif dan negatif post-test masing-masing adalah 27,7%; 74.0%, dan 8,0%. Dari perempuan yang dipulangkan tidak terkirim, 38% memiliki setidaknya satu kunjungan triase tambahan dan interval antara Tes Kertas CRD negatif dan positif pertama adalah 12 (rentang interkuartil, [34-34]) hari.


"CRD Paper Test" adalah alat klinik perawatan sederhana “non-invasif, “sample-in/answer-out” untuk identifikasi PE yang cepat. [Red]

 

Image: Ilustrasi [sumber: https://health-innovations.org/]

Kara M. Rood., Catalin S. Buhimschi., Theresa Dible., Shaylyn Webster., Guomao Zhao., Philip Samuels. et al. Congo Red Dot Paper Test for Antenatal Triage and Rapid Identification of Preeclampsia. EClinicalMedicine 8(2019):47-56.

 

Share this article
Related Articles