Benarkah Kolagen Bermanfaat Membuat Kulit Tampak Lebih Muda?
Thursday, March 28, 2019

Benarkah Kolagen Bermanfaat Membuat Kulit Tampak Lebih Muda?

Nutrisi merupakan komponen mayor pada fisiologis kulit. Pada orang yang masih muda, kulitnya akan tampak kencang, halus, dan bersinar, namun semakin usia bertambah, akan terjadi perubahan intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari luar tubuh). Densitas kolagen pada lapisan kulit dermis menurun seiring usia dan diasosiasikan dengan penurunan ketebalan dermis. Kolagen peptide merupakan bahan alami bioaktif yang banyak digunakan pada berbagai produk nutrikosmetik dan secara oral diminum sebagai suplemen yang dapat memberikan kesehatan kulit dan manfaat kecantikan.

Terdapat 2 penelitian yang mencoba membuktikan manfaat dari suplementasi kolagen pada kulit manusia. Penelitian pertama menggunakan metode grup paralel, tersamar ganda, dengan kontrol plasebo, pada 60 subjek selama 56 hari. Diberikan suplemen kolagen sebelum tidur sebanyak 10 gram. Penilaian dilakukan pada awal penelitian, minggu ke-4, minggu ke-8, dan dilakukan dengan menggunakan alat korneometer untuk mengukur kelembaban kulit.

Penelitian kedua adalah penelitian secara acak dengan kontrol plasebo, kelompok paralel pada sebanyak 106 subjek wanita yang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok plasebo dan kelompok kolagen, selama 84 hari. Para subjek meminum kolagen setiap pagi sebelum sarapan sebanyak 10 gram, dan dilakukan penilaian pada awal penelitian, minggu ke-4, minggu ke-12.

Hasilnya didapatkan bahwa suplementasi kolagen dapat memperbaiki hidrasi kulit pada manusia. Subjek yang mengonsumsi 10 gram kolagen ikan dan kolagen sapi memberikan perbaikan dalam hal hidrasi kulit menggunakan korneometer (p<0,001). Selain itu, juga terjadi peningkatan densitas dermis secara signifikan dan fragmentasi kolage dermis secara signifikan menurun setelah 4 minggu suplementasi.

Kesimpulan: Suplementasi oral dengan kolagen peptide memberikan manfaat untuk kulit dengan penuaan. 

 

Image : Ilustrasi

Referensi:

1. Asserin J, Lati E, Shioya T, Prawitt J. The effect of oral collagen peptide supplementation on skin moisture and the dermal collagen network: Evidence from an ex vivo model and randomized, placebo-controlled clinical trials. Journal of Cosmetic Dermatology. 2015;14:291-301

2. Schagen SK, Zampeli VA, Makrantonaki E, Zouboulis CC. Discovering the link between nutrition and skin aging. Dermatoendocrinology. 2012;4:298–307.

‚Äč

Please login or register to post comments.