Pengaruh Pemberian Nutrisi Parenteral  Awal Pasien Kritis
Tuesday, March 5, 2019

Pengaruh Pemberian Nutrisi Parenteral Awal Pasien Kritis

Pemberian nutrisi parenteral segera pada pasien kritis sering dikaitkan dengan terjadinya berbagai macam komplikasi. Selain itu, dari guidelines ESPEN 2009 maupun 2018 sendiri juga merekomendasikan pemberian nutrisi parenteral dapat diberikan dalam 24-48 jam jika ditemukan adanya kontraindikasi pemberian nutrisi enteral.

Namun dari studi terbaru menujukkan bahwa, pemberian nutrisi parenteral segera dalam waktu rerata sekitar 44 menit dapat menurunkan lamanya penggunaan ventilator dan terhadap kejadian mortalitas 60 hari tidak berbeda bermakna dengan pemberian nutrisi enteral segera.

Studi multisenter ini melibatkan sebanyak 1372 yang terkumpul dari Oktober 2006-2011 dari ICU RS di Australia dan New Zealand. Subyek dibedakan dalam kelompok yang mendapatkan perawatan standar (n=686) dan kelompok nutrisi parenteral segera (n=686). Parameter yang dinilai adalah mortalitas 60 hari, quality of life (QOL), infeksi dan komposisi tubuh.

Dari studi tersebut diketahui bahwa tidak terjadi perbedaan bermakna terhadap angka kematian 60 hari. Namun kelompok nutrisi parenteral membutuhkan waktu yang lebih sedikit menggunakan nutrisi parenteral dibandingkan dengan perawatan standar. [dr. Laurencia Ardi]

 

Image: Ilustrasi
Referensi:
1. Doig GS, Simpson F, Sweetman  EA, Finfer SR, Cooper DJ, Heighes PT, et al. Early Parenteral Nutrition in Critically Ill Patients With Short-term Relative Contraindications to Early Enteral Nutrition A Randomized Controlled Trial. JAMA. 2013;309(20):2130-8.
2. Singer P, Berger MM, Van den Berghe G, et al. ESPEN Guidelines on Parenteral  Nutrition: Intensive Care. Clin Nutr. 2009;28(4):387-400.

 

Please login or register to post comments.