Suplementasi Zinc Bermanfaat untuk Acne Vulgaris
Monday, February 11, 2019

Suplementasi Zinc Bermanfaat untuk Acne Vulgaris

Acne merupakan penyakit peradangan menahun yang terjadi pada kulit dan mempengauhi individu tertentu dari berbagai usia, terutama orang dewasa dan dewasa muda. Ada beberapa teori yang dapat diterima yaitu stimulasi dari kelenjar sebasea oleh hormon androgen, bersamaan dengan hiperkeratinisasi yang dihasilkan oleh penyumbatan pada folikel sebasea.

Propionibacterium acnes (P.acnes) berproliferasi pada lingkungan yang demikian sehingga menyebabkan peradangan pada area tersebut dan memetabolisme trigliserid pada sebum untuk membentuk asam lemak bebas yang dikombinasi dengan berbagai mediator inflamasi lainnya.

Saat ini, acne diterapi dengan cara menghambat satu atau lebih penyebab patogenesisnya. Banyak yang digunakan seperti terapi topikal, antibiotik, antibakteri, retinoid, dan komedolitik. Penggunaan obat-obat ini dapat menimbulkan keuntungan dan juga efek samping. Seperti retinoid topikal dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas, kemerahan, iritasi. Penggunaan antibiotik yang berlebihan juga menjadi masalah yang mendunia dan menyebabkan resistensi dan penurunan efikasi. Obat-obat hormon bahkan dapat menyebabkan gangguan janin dan emboli. Terapi-terapi yang menimbulkan efek samping ini tentunya tidak diharapkan oleh pasin.

Zinc merupakan mikronutrien esensial yang digunakan untuk beberapa proses pada tubuh manusia. Zinc menunjukkan hasil yang menjanjikan sebagai terapi acne vulgaris. Beberapa cara kerja zinc dalam menjadi terapi jerawat adalah sebagai berikut: Regulasi protein, lipid dan asam nukleat yang menjadi kofaktor esensial pada lebih dari 300 enzim dan 2000 faktor transkripsi. Menjaga respons imunologi dengan menghambat kerja makrofag dan fungsi neutrophil dan merangsang sel natural killer dan aktivitas komplemen. Regulasi inflamasi dengan menginhibisi IL-6 dan produksi TNF-alfa. Inhibisi langsung pada proliferasi Propionibacterium acnes.[AFI]

 

 

Image: Ilustrasi
Referensi:
1. Cervantes J, Eber AE, Perper M, Nascimento VM, Nouri K, Keri JE. The role of zinc in the treatment of acne: A review of the literature. Dermatologic Therapy. 2018;31:e12576.
2. Zaenglein, A. L., Pathy, A. L., Schlosser, B. J., Alikhan, A., Baldwin, H. E.Berson, D. S,et.al. Guidelines of care for the management of acne vulgaris. Journal of the American Academy of Dermatology,2016.74, 945–973.
3. Dreno, B., Amblard, P., Agache, P., Sirot, S., & Litoux, P. Low doses of zinc gluconate for inflammatory acne. Acta Dermato-Venereologica. 1989. 69, 541–543
4. Schachner, L., Pestana, A., & Kittles, C. A clinical trial comparing the safety and efficacy of a topical erythromycin-zinc formulation with a topical clindamycin formulation. Journal of the American Academy of Dermatology.1990. 22, 489–495.

 

Please login or register to post comments.