PUFA Omega-3 Memperbaiki Denyut Jantung Pasien Dialisis Kronik
Wednesday, January 30, 2019

PUFA Omega-3 Memperbaiki Denyut Jantung Pasien Dialisis Kronik

Penyebab kematian pada pasien end stage renal disease (ESRD) yang tersering adalah penyakit kardiovaskuler dan henti jantung mendadak. Hal ini terutama disebabkan karena terjadi disfungsi autonom jantung yang dapat dinilai dari heart rate variability (HRV). Disfungsi autonom pada jantung, dikarakteristikkan dengan aktivitas simpatetik yang berlebihan dan atau parasimpatetik yang tidak adekuat, sehingga meningkatkan risiko hipotensi pada saat dialisis dan menyebakan berkembangnya malignant ventricular arrhythmias.

PUFA omega-3, yang meliputi EPA dan DHA mempunyai beberapa efek yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Beberapa penelitian melaporkan bahwa terjadi penurunan kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler dan risiko henti jantung mendadak, yang kemungkinan disebabkan oleh efek anti-aritmia dari PUFA omega-3, baik yang secara langsung berpengaruh pada kardiomiosit atau secara tidak langsung melalui perbaikan modulasi autonom jantung yang ditandai dengan peningkatan HRV.

Pasien dengan kronik dialisis mempunyai asupan PUFA omega-3 yang rendah begitu juga dengan kadarnya di dalam darah. Hal ini telah diketahui merupakan bagian dari penyebab tingginya risiko henti jantung mendadak pada pasien dialisis kronik. Tetapi apakah PUFA omega-3 dapat memperbaiki autonom jantung pada pasien dialisis kronik?

Dari hasil penelitian RCT menunjukkan pemberian PUFA omega-3, 2 g/hari selama 3 bulan pada pasien yang menjalani dialisis kronik dapat membantu meningkatkan HRV dan interval RR serta menurunkan denyut jantung, sehingga dapat mencegah terjadinya malignant ventricular arrhythmias. Hal ini seperti yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nutrients tahun 2018.[LAI]


 

Image: Ilustrasi
Referensi:
1. Rantanen JM, Riahi S, Johansen MB, Schmidt EB, Christensen JH. Effects of marine n-3 polyunsaturated fatty acids on heart rate variability and heart rate in patients on chronic dialysis: a randomized controlled trial. Nutrients 2018;10:1313. doi:10.3390/nu10091313.
2. Teta D. Fish oil for prevention of sudden death in hemodialysis patients? Kidney Int. 2013;83:993–95.
3. De Caterina. N-3 fatty acids in cardiovascular disease. N. Engl. J. Med. 2011;364:2439–50.

 

Please login or register to post comments.