Manfaat Penggunaan Zinc pada Jerawat

  • Jerawat (acne vulgaris) merupakan penyakit inflamasi kronik pada kulit yang dapat menyerang populasi di berbagai usia terutama remaja dan dewasa muda. Talaksanaan terkini acne vulgaris adalah bertujuan menghambat satu atau lebih penyebabnya. Pilihan terapinya juga beragam, tergantung pada keparahan penyakit, daerah yang terkena, usia, dan pilihan pribadi. Formula topikal menjadi pilihan yang paling banyak digunakan. Antibiotik, antibakteri, retinoid dan komedolitik menjadi pilihan utama pasien.

    Terapi sistemik juga bisa digunakan untuk acne derajat berat seperti isotretinoin oral, antibiotik oral, dan terapi hormonal seperti spironolakton dan kontrasepsi oral. Terapi topikal dan sistemik dalam kombinasi juga banyak digunakan walaupun dapat menimbulkan risiko dan efek samping.

    Zinc merupakan mikronutrien esensial yang berfungsi untuk banyak proses di tubuh manusia. Zinc juga bermanfaat untuk digunakan pada beberapa indikasi kulit. Pemberian Zinc untuk acne vulgaris memberikan perbaikan kondisi, kadar zinc juga lebih rendah pada pasien dengan acne vulgaris.

    Beberapa mekanisme zinc yang diduga bermanfaat memperbaiki gejala acne: meregulasi protein, lipid dan metabolisme asam nukleat,  regulasi transkripsi gen, regulasi DNA dan RNA polimerasi, timidin kinase dan ribonuklease dan mempertahankan replikasi sel, aktivitas imun dan perbaikan luka, mempertahankan respons imun dengan mempertahankan fungsi makrofag dan neutrofil serta menstimulasi sel NK dan aktivitas komplemen, regulasi inflamasi dengan menghambat IL-6 dan produksi TNFα, inhibisi produksi mediator inflamasi seperti NO, penghambatan integrin dan ekspresi toll-like receptor oleh keratinosit yang bekerja sebagai agen anti-inflamasi, penghambatan langsung pada proliferasi P.acnes dan penghambatan 5α-reductase untuk menghambat konversi testosterone menjadi dihydrotestosterone dan menghambat aktivitas kelenjar sebasea. [AFY]


    Image: Ilustrasi
    Referensi:
    1. Cervantes J, Eber AE, Perper M, Nascimento VM, Nouri K, Keri JE. The role of zinc in the treatment of acne: A review of the literature. Dermatologic Therapy. 2018.
    2. Muizzuddin, N., Giacomoni, P., & Maes, D. (2008). Acne—A multifaceted problem. Drug Discovery Today: Disease Mechanisms, 5, e183–e188.
    3. Ventola, C. L. (2015). The antibiotic resistance crisis: Part 1: Causes and threats. P T, 40, 277–283.
    4. Sardana, K., & Garg, V. K. (2010). An observational study of methioninebound zinc with antioxidants for mild to moderate acne vulgaris. Dermatology and Therapy, 23, 411–418.

     

Please login or register to post comments.