FOS Fermentasi Soy Milk vs Inulin dalam Asidifikasi dan Pertumbuhan Probiotik, Lebih Baik Mana?
by Anonym
Thursday, November 22, 2018

FOS Fermentasi Soy Milk vs Inulin dalam Asidifikasi dan Pertumbuhan Probiotik, Lebih Baik Mana?

Soy bean merupakan matriks makanan yang dapat membantu menggantikan fungsional dari produk-produk berbahan dasar susu. Secara fungsional, matriks ini sudah terbukti memiliki fungsi hipolipidemik, anti-kolesterol, anti-aterogenik dan menurunkan risiko allergenitas. Oleh karena itu, diharapkan apabila dikombinasi dengan probiotik dan prebiotik, memberikan tambahan fungsional kesehatan.

Kandungan protein dari matriks ini mendukung pertumbuhan probiotik seperti Lactobacillus acidophilus (LA), Lactobacillus casei dan Streptococcus thermophilus. Gabungan Soy bean dengan probiotik dan prebiotik, menjadi inovatif baru untuk perkembangan makanan fermentasi yang sifatnya fungsional bagi host. Perlu diketahui bahwa Soymilk memiliki tingkat asidifikasi yang rendah sehingga memperlambat pertumbuhan probiotik karena konsentrasi karbohidrat yang larut dalam soymilk itu rendah sehingga mengakibatkan pertumbuhan dan asidifikasi dari Lactobacillus menjadi sangat terbatas.  

Mishra S., et. al. melakukan studi observasional pada berbagai sinbiotik di mana ada yang diberikan dengan FOS dan ada yang diberikan dengan inulin; guna menilai kemampuan asidifikasi probiotik yang dipicu oleh prebiotik tersebut (prebiotik mana yang lebih baik). Kemudian ditindaklanjuti perubahan pH, tmax, Vmax serta jumlah probiotik pada kombinasi sinbiotik yang ada pada suhu 40 derajat celsius; dan hasilnya dapat dilihat sebagai berikut.

Dari hasil di atas maka didapat data bahwa pemberian prebiotik FOS dengan LP, LR dan LA menunjukkan peningkatan pH secara signifikan  serta jumlah probiotik >9 log CFU/mL; daripada digabung dengan prebiotik Inulin. Sinbiotik lebih baik menggunakan prebiotik FOS. (LWA)


Image: Ilustrasi
Referensi: Mishra S, Mishra HN. Comparative study of the synbiotic effect of inulin and fructooligosaccharide with probiotics with regard to the various properties of fermented soy milk. Food Science and Technology International. 2017;0(0):1-12

Please login or register to post comments.