CERMIN DUNIA KEDOKTERAN (CDK)


Majalah CDK (Cermin Dunia Kedokteran) adalah majalah kedokteran yang telah dipublikasikan sejak tahun 1974 dan terbit setiap bulan. CDK menyajikan informasi-informasi kedokteran yang mutakhir, serta mendukung perkembangan dunia kedokteran di Indonesia. Dari tahun ke tahun, CDK terus memantapkan diri sebagai salah satu referensi ilmiah yang praktis dan terpercaya.

Saat ini CDK memiliki akreditasi LIPI, IDI, dan IAI, di mana pada setiap edisi CDK terdapat artikel yang berbobot poin SKP, yaitu CME bagi dokter dan CPD bagi apoteker. Artikel yang dipublish di majalah CDK akan terindeks di google scholar.

Bagi sejawat sekalian yang ingin mengirimkan naskah ilmiah ke majalah CDK, baik berupa hasil penelitian, tinjauan pustaka, maupun laporan kasus, silahkan dapat mengirimkannya melalui email atau alamat berikut ini:

Redaksi CDK
Gedung Kalbe III Lt. 2
Jl. Letjend. Suprato Kav. 4, Cempaka Putih – Jakarta 10510.
Telepon : 021-4208171
Fax : 021-42873685
Email : cdk.redaksi@yahoo.co.id


Panduan untuk Penulis CDK.pdf


Oleh Admin Kalbe Medical pada March 02, 2017 15:55

CDK Edisi 250 - Infeksi Virus

Infeksi di Unit Rawat Intensif (Intensive Care Unit – ICU) merupakan masalah utama yang mempengaruhi morbiditas dan mortalitas; dan sudah menjadi pendapat umum bahwa bakteri penyebab infeksi di lingkungan tersebut lebih resisten terhadap antibiotik dibandingkan dengan bakteri di tempat lain; situasi ini dapat diperberat dengan penggunaan antibiotik yang kurang tepat. Untuk bisa menanggulangi masalah tersebut, pola kuman dan sensitivitas harus diketahui dan dimanfaatkan dalam tatalaksana pasien, terutama di lingkungan rawat intensif tersebut. Dalam konteks ini, hasil penelitian di salah satu rumah sakit mengenai pola kuman dan sensitivitasnya diharapkan dapat menyumbang data yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan pasien, terutama di unit rawat intensif.

Disambung dengan bahasan mengenai beberapa penyakit virus yang juga akhir-akhir ini berpotensi menjadi masalah kesehatan masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan para praktisi kesehatan, khususnya dalam menyikapi perubahan komponen iklim yang bisa mengubah pola penyakit di periode tersebut, seperti terlihat pada hasil penelitian di Lampung.

Artikel-artikel membahas beberapa masalah lain, seperti urtikaria dan masalah kulit pada penggunaan popok bayi diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan klinis sejawat sekalian.

Files

Rate This Article

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above: